Api kembali melahap lahan kering di Dusun Palaraka, Kelurahan Parangbanoa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Senin (7/10/2019) JUNAID
#

Api Kembali Melahap Lahan Kering di Parangbanoa Pallangga

Senin, 07 Oktober 2019 | 14:34 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Kebakaran menjadi momok yang sangat menakutkan di musim kemarau ini. Baru-baru ini api kembali melahap lahan kering di Dusun Palaraka, Kelurahan Parangbanoa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Senin (7/10/2019).

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Gowa, Mustamin Raga mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi di atas lahan seluas 20 Are tersebut diduga karena puntung rokok.

muhammad-ismak

“Menurut warga setempat kemungkinan sumber apinya adalah puntung rokok,” kata Mustamin Raga.

Sementara itu, lanjut Mustamin Raga, Damkar yang mengetahui kebakaran tersebut langsung sigap menuju tempat kejadian perkara (TKP). Alhasil api dapat dipadamkan kurang dari 30 menit.

“Iya Satgas Damkar kami sudah turun ke lokasi sebanyak satu unit dengan kapasitas 8.000 liter. Sempat terhalang mobil mogok sehingga sedikit lambat tiba di TKP. Tapi sekarang apinya sudah padam tidak sampai 30 menit lah apinya sudah tidak ada lagi,” lanjutnya.

Terpisah Kepala Dinas (Kadis) Damkar Gowa, Rostam Razak yang dikonfirmasi mengimbau masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaannya saat ini. Menurutnya, tingkat kekeringan cukup tinggi sehingga sangatlah rentang terjadi kebakaran.

Ia menyebutkan sejak tiga bulan terakhir kejadian kebakaran cukup tinggi sebab didukung kondisi kemarau yang cukup tinggi. Bukan hanya rumah tapi juga sejumlah lahan di beberapa wilayah di Gowa sudah mengalami kebakaran.

“Kami imbau agar masyarakat waspada. Jangan buang puntung rokok sembarang matikan dulu baranya baru buang. Begitu juga alat penerangan lilin atau arus pendek atau kompor gas dan kompor minyak agar senantiasa diperiksa sebelum bepergian dan lain-lain,” ujar Rostam Razak.(*)


BACA JUGA