Rapat Perdana dan Silaturahmi sesama pengurus Kwarcab Gowa, di Baruga Tinggi Mae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Sabtu (12/10/2019)

2020, Kwarcab Gowa Bakal Jadikan Buper Cadika Miniatur Cibubur

Sabtu, 12 Oktober 2019 | 15:25 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa akan melakukan renovasi Bumi Perkemahan (Buper) Cadika berlokasi di Kelurahan Pabentengan, Kecamatan Bajeng tahun 2020 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan disela-sela Rapat Perdana dan Silaturahmi sesama pengurus Kwarcab Gowa, di Baruga Tinggi Mae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Sabtu (12/10/2019).

Adnan yang juga Bupati Gowa mengungkapkan bahwa renovasi tersebut akan menjadikan Buper Cadika sebagai miniatur Perkemahan Cibubur.

“Bahkan ini bisa dijadikan lokasi jambore tingkat provinsi. Makanya untuk desain Bumi Perkemahan Cadika ini akan dibuat seperti miniatur Bumi Perkemahan Cibubur,” ujar Adnan.

Olehnya itu, Adnan berharap Bumi Perkemahan Cadika kedepannya bisa menjadi tempat yang lebih representatif dalam melaksanakan seluruh program-program Pramuka.

Lanjutnya, target revitalisasi akan dilakukan mulai 2020 mendatang melalui alokasi anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Gowa 2020.

“Bumi Perkemahan Cadika ini menjadi harapan kita semua nantinya, makanya bagaimana kita bisa mengemas ini dengan baik sehingga dapat dilirik oleh Kwartir-kwartir cabang lain di Sulsel untuk bisa melaksanakan kegiatan kepramukaan,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa jika Bumi Perkemahan Cadika dapat dikelola secara baik maka ke depan ini akan menjadi pendapatan yang baik. Minimal dapat membiayai seluruh operasionalnya sendiri.

“Kita bisa mengajak seluruh sekolah-sekolah agar melakukan seluruh kegiatan kepramukaannya di Perkemahan Cadika. Makanya harus diaktifkan kegiatan Pramuka di sekolah, apalagi dalam Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) itu ada dana khusus kepramukaan,” tegas Bupati Gowa ini.

Renovasi Bumi Perkemahan Cadika tersebut tentunya akan dilakukan secara bertahap dengan melihat kondisi anggaran terlebih dahulu. Sehingga renovasi yang akan dilakukan terlebih dahulu dengan melihat hal-hal prioritasnya.

“Yang paling penting itu adalah renovasi kantor sekretaris, ruangan untuk dilakukan pelatihan ataupun kepanduan dan kamar mandinya,” tutupnya.

Sementara, Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa, Syarir Rajab menyampaikan terima kasih atas rencana Ketua Kwarcab dalam mengalokasikan anggaran untuk pembenahan Bumi Perkemahan Cadika Limbung sebagai tempat pendidikan Pramuka yang representatif.

“Rencananya akan dilengkapi dengan sarana-sarana pendidikan yang layak dan mudah-mudahan ini bisa menjadi rujukan tempat pendidikan Pramuka. Jadi selain balai diklat juga lokasi perkemahan,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA