Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan hadiri sosialisasi penanganan dan pencegahan stunting yang diadakan oleh PKK Kecamatan Palangga di Hotel Santika, Makassar, Selasa (15/10/2019)

Di Pallangga, Priska Ajak Kader PKK Cegah Stunting

Selasa, 15 Oktober 2019 | 23:00 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan mengajak seluruh kader PKK di Kecamatan Pallangga untuk mencegah stunting.

Hal tersebut disampaikan saat membuka secara resmi sekaligus memberikan materi tentang sosialisasi penanganan dan pencegahan stunting yang diadakan oleh PKK Kecamatan Palangga di Hotel Santika, Makassar, Selasa (15/10/2019).

pt-vale-indonesia

Di hadapan para Kader PKK Desa/Kelurahan se-Kecamatan Pallangga, Priska Adnan mengingatkan betapa pentingnya menjaga lingkungan yang bersih sebagai upaya dalam pencegahan dan penanggulangan stunting serta sangat menekankan jangan hanya sosialisasi tetapi harus dilakukan implementasi.

Priska menyebutkan bahwa penduduk di Gowa mencapai 700 ribu jiwa, sedangkan jumlah balita di Gowa sebanyak 552 balita. Penderita stunting sebesar 44 persen berada di Kecamatan Palangga. Menurutnya hal tersebut perlu dilakukan pencegahan. 

“Apalagi Kabupaten Gowa menjadi daerah keempat tertinggi stunting. Sehingga saya berharap untuk menjaga kesehatan ibu dan anak, imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare adalah cara tepat untuk menangani stunting,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Pallangga, Hj Rismawaty Kadir Nyampa dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut diharapkan bukan hanya sekadar seremoni semata, sebab stunting berbahaya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gowa, Muhammad Asrul berharap tahun 2020 permasalahan stunting di Gowa tidak lagi sosialisasi tapi lebih kepada pencegahannya, apalagi Pemkab Gowa akan memberi bantuan dalam menangani stunting.

“Saya juga berharap kepada ibu-ibu yang ingin melahirkan sebaiknya melahirkan di Puskesmas, karena kami ingin melakukan pendataan,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan tersebut turut dihadiri, Camat Pallangga, Taufik M.Akib, Kepala Puskesmas Palangga, dr Gaffar, dan pengurus PKK Kecamatan Palangga.(*)


BACA JUGA