Teliti Tanaman Pangan, Bosowa School Makassar Kunjungi Balai Penelitian Tanaman Serelia Maros

Rabu, 16 Oktober 2019 | 14:51 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Siswa kelas VII Bosowa School Makassar mengunjungi Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Balai Penelitian Tanaman Serelia di Maros, Selasa (15/10/2019).

Guru pendamping, Nahdaturrugaisiyah mengungkapkan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk mengenalkan siswa akan jenis tanaman pangan dan proses produksinya.

pt-vale-indonesia

Sebelum memulai observasi lapangan, siswa diberikan materi pengantar oleh peneliti, Suriani S.P., M.P. yang menerangkan mengenai tugas dan fungsi balai dalam meneliti dan mengolah bibit tanaman.

Terdapat berbagai jenis tanaman pangan yang dikonsumsi sehari-hari, seperti padi, jagung, gandum, sorgum, dan serelia potensi lainnya.

Suriani menjelaskan bahwa Balai Penelitian Tanaman Serelia sebagai pusat penelitian morfologi, fisiologi, ekologi, entomologi, dan fitopatologi tanaman sereal.

Terdapat proses yang panjang sebelum penyebaran bibit ke petani. Peneliti mengadakan observasi dan mengoleksi berbagai benih tanaman dari berbagai tempat, kemudian menyeleksi benih berkualitas, dan melakukan pengujian daya tahan tanaman terhadap penyakit.

“Tidak hanya tanaman Indonesia tapi kami juga menguji tanaman dari luar negeri untuk melihat kualitas dan adaptasinya terhadap kondisi cuaca dan tekstur tanah di indonesia” jelas Suriani.

Setelah itu , siswa diajak berkeliling melihat lahan perkebunan dan hasil olahan tanaman pangan yang siap didistribusikan ke masyarakat.

Suriani berharap melalui fieldtrip ini siswa dapat berpikir kritis mengenai proses produksi tanaman menjadi bahan pangan serta menimbulkan hasrat untuk mulai bercocok tanam dalam diri siswa.(*)


BACA JUGA