Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kawasan Gunung Lompobattang Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa sejak Minggu (20/10/2019)

Akibat Karhutla, Diperkirakan Puluhan Hektar Hutan dan Lahan Terbakar di Gowa

Selasa, 22 Oktober 2019 | 09:20 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kawasan Gunung Lompobattang Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa sejak Minggu (20/10/2019) hingga kini belum bisa dipadamkan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa, Ikhsan Parawansa saat ini pihaknya bersama sejumlah pihak terus melakukan upaya pemadaman.

“Adapun kekuatan yang bergerak membantu BPBD Gowa, Dinas Damkar Gowa dan Jeneponto, TNI dan Polri, Manggala Agni, Pemerintah setempat dan Masyarakat saling bahu membahu membantu dalam pemadaman Kawasan Hutan tersebut,” ujarnya, Rabu (22/10/2019).

Ikhsan Parawansa menyebutkan bahwa dari peristiwa tersebut, diperkirakan puluhan hektar Hutan dan Lahan di Kecamatan Tompobulu terbakar.

“Kabakaran hutan dan lahan semalam meliputi kawasan Desa Rappoala dan Rappolemba Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa dan dari data terakhir Rappolemba yang belum padam luasannya diperkirakan puluhan hektar,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Rappolemba, Ahyu Ummu Kalsum mengatakan bahwa sejumlah warga sekitar juga mulai mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Sudah banyak warga Borimasunggu yang mengungsi yang dan Dusun Bontosunggu Desa Rappolemba ada yang mengungsi ke ke Dusun Bulupo’rong,” katanya saat dikonfirmasi.

Terpisah Kapolsek Tompobulu, Iptu Hasbullah mengatakan bahwa upaya pemadaman api yang dilakukan warga bersama Tim Manggala Agni mengalami kesulitan disebabkan angin bertiup kencang.(*)


BACA JUGA