Kebakaran yang terjadi di Gunung Lompobanttang sejak Minggu kemarin (20/10/2019) membuat sejumlah warga sekitar mengungsi ke daerah yang lebih aman

Kawasan Gunung Lompobattang Terbakar, BPBD Gowa Imbau Warga Sekitar Mengungsi

Selasa, 22 Oktober 2019 | 15:21 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kawasan Gunung Lompobattang Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa hingga kini belum bisa dipadamkan. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa, Ikhsan Parawansa mengatakan saat ini pihaknya bersama sejumlah pihak terus melakukan upaya pemadaman.

“Adapun kekuatan yang bergerak membantu BPBD Gowa, Dinas Damkar Gowa dan Jeneponto, TNI dan Polri, Manggala Agni, Pemerintah setempat dan Masyarakat saling bahu membahu membantu dalam pemadaman Kawasan Hutan tersebut,” katanya, Rabu (22/10/2019).

Saat ini, Ikhsan Parawansa juga meminta masyarakat yang berada dikawasan tersebut untuk mengevakuasi diri tempat yang lebih aman. 

“Kondisi sekarag kami menghimbau ke masyarakat untuk menjaga dan mengevakuasi warga yang dekat dengan kawasan, sementara di rumah keluarga atau kerabat terdekat warga dan masjid,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Rappolemba, Ahyu Ummu Kalsum saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon mengatakan bahwa sejumlah warga yang berbeda di sekitar lokasi kebakaran sudah mulai mengungsi sejak Senin kemarin (21/10/2019).

Ia menyebutkan kebakaran yang mulai terjadi pada Minggu (20/10/2019) sudah mendekati perkampungan. “Sudah ada yang mengungsi yang di Perkampungan Borimasunggu, Dusun Bontosunggu Desa Rappolemba ada yang mengungsi ke Dusun Bulupo’rong,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA