BPBD Kabupaten Gowa bersama sejumlah pihak terus melakukan upaya pemadaman di kawasan Gunung Lompobattang

Kebakaran Kawasan Gunung Lompobattang Mulai Masuk Pemukiman Warga

Selasa, 22 Oktober 2019 | 18:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di kawasan Gunung Lompobattang Kecamatan Tompobulu kini terus semakin meluas.

Bahkan menurut salah seorang warga sekitar, Arrow mengatakan bahwa saat ini api mulai merembes ke perkampungan penduduk di Desa Rappolemba Kecamatan Tompobulu.

“Masuk mi di perkampungan Dusun Ulu Alla Desa Rappolemba,” katanya melalui pesan Whatsapp.

Ia juga menjelaskan saat ini warga sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya seperti Sprayer yaitu alat semprot pertanian.

Selain itu, sejumlah warga juga mulai mengevakuasi hewan ternaknya dan sejumlah barang-barangnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa, Ikhsan Parawansa juga mengatakan saat ini pihaknya bersama sejumlah pihak terus melakukan upaya pemadaman di kawasan Gunung Lompobattang.

“Adapun kekuatan yang bergerak membantu BPBD Gowa, Dinas Damkar Gowa dan Jeneponto, TNI dan Polri, Manggala Agni, Pemerintah setempat dan masyarakat saling bahu membahu membantu dalam pemadaman kawasan hutan tersebut,” kata Ikhsan Parawansa.

Selain itu, pihaknya juga memberikan sekitar 20 tenda pengungsian kepada masyarakat. Diketahui kebakaran mulai terjadi pada Minggu (20/10/2019) dan hingga kini belum bisa dipadamkan lantaran hembusan angin yang masih kencang.(*)


BACA JUGA