Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menghadiri Pengukuhan dan pelantikan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Gowa Periode 2018-2022, di Gedung Dharma Wanita Persatuan Gowa, Sabtu (26/10/2019).

Hadiri Pelantikan PDPM Gowa, Bupati Adnan: Pemuda adalah Agent of Change

Sabtu, 26 Oktober 2019 | 17:56 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menghadiri Pengukuhan dan pelantikan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Gowa Periode 2018-2022, di Gedung Dharma Wanita Persatuan Gowa, Sabtu (26/10/2019).

Bupati Adnan dalam sambutannya mengatakan bahwa pemuda adalah bagian dari masyarakat sosial yang mempunyai pengaruh terhadap regenerasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

muhammad-ismak

“Kedudukan pemuda sangat strategis sebagai Agent Of Change, pemuda juga memiliki beragam ide yang perlu dikembangkan. Sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik di masa kini maupun di masa akan datang,” ujarnya.

Lanjutnya, Bupati Adnan menyebutkan bahwa saat ini polemik yang terjadi di kalangan pemuda sangat kompleks. Dengan pergerakan arus yang tidak beraturan dalam kehidupan masyarakat serta kemajuan ilmu teknologi, bisa saja melahirkan persepsi negatif kepada generasi muda.

“Salah satu upaya yang harus kita lakukan, dengan memberikan ruang kepada mereka untuk menunjukkan potensi yang ada dalam dirinya dengan menumbuh kembangkan jiwa kemandirian serta peka terhadap perkembangan dan perubahan yang terjadi di masyarakat,” lanjut Adnan.

Adnan juga menyebutkan bahwa saat ini pemuda mau tidak mau akan bersentuhan langsung dengan sektor industri yang akan membawa dampak positif dan negatif bagi kehidupan umat manusia.

“Olehnya itu, mulai saat ini generasi muda harus disiapkan. Bukan saja dalam hal kepemimpinan manajerial dan sosial kemasyarakatan akan tetapi, kepemimpinan yang mampu menghadapi pertumbuhan dan perkembangan tekhnologi industri yang semakin inovatif,” tambahnya.

Dirinyapun merasa bahagia karena telah dinobatkan menjadi anggota kehormatan Kokam Kabupaten Gowa. Menurutnya hal tersebut sama saja ia kembali kepada ibu pertiwi.

“Saya ini lahir dari rahimnya Muhammadiyah, karena almarhum Kakek saya dan juga nenek saya adalah orang Muhammadiyah sehingga tentu darah yang mengalir dalam tubuh saya tiada lain darahnya Muhammadiyah jadi ketika saya berada dalam garis Muhammadiyah itu sama saja saya kembali kepada ibu pertiwi,” katanya.

Sementara Zaenal, selaku ketua penyelenggara kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan pemuda Muhammadiyah adalah kegiatan pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Gowa.

“Ini adalah kegiatan yang pertama kami gelar, dengan mengangkat tema ‘Massifikasi Kepemimpinan Pemuda Untuk Gowa Berkemajuan’ diharapkan mampu mendukung dan bersinergi dengan arah kebijakan pemerintah Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Sekedar diketahui bahwa kegiatan tersebut sebanyak 28 orang dikukuhkan langsung oleh Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Elly Oscar.(*)


BACA JUGA