Didampingi Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat, Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto memantau ketersediaan kebutuhan pokok dan harga pangan di Sulawesi Selatan di Pasar Pa’baeng-baeng, Rabu (20/11/2019)

Harga Relatif Stabil, Sekprov Sulsel Dampingi Menteri Perdagangan Cek Kebutuhan Pokok di Pasar

Rabu, 20 November 2019 | 16:51 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto memantau ketersediaan kebutuhan pokok dan harga pangan di Sulawesi Selatan. Didampingi Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat, Menteri Agus mengunjungi Pasar Pa’baeng-baeng, Rabu (20/11/2019).

Pemantauan tersebut dilakukan sebagai langkah awal memeriksa stabilitas harga dan pangan menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Kita pilih Makassar, karena di sini pintu utama Indonesia bagian timur. Jadi ini start awal. Dan dari sini, kita ke daerah lain,” ssbut Agus usai kunjungan.

Di sini, Agus juga berbincang dengan warga menanyakan harga yang ada dan harapan mereka. Ia ingin mengetahui kondisi di lapangan dan kunjungan ini dalam rangka menjaga kepuasan pedagang.

“Alhamdulillah harga hari ini stabil,” sebutnya.

Adapun kebijakan harga secara umum Harga Eceran Tertinggi (HET) dipantau seluruh Indonesia, terutama pada acara-acara hari besar keagamaan. Jika ada yang lewat HET maka akan dilakukan operasi pasar.

“Nah ini kan menjelang Natal dan tahun baru jadi kita harus lihat kondisi pasar sekarang. Sehingga persiapan untuk nanti kalau ada sesuatu bisa langsung kita atasi,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan harga di Pasar Pa’baeng-baeng Makassar, harga beras kelas premium Rp12 ribu per kilogram, minyak goreng Rp12 ribu per liter, gula pasir Rp12 ribu per kilogram. Harga telur ayam negeri Rp42 ribu per rak, yang berisi 30 butir, jadi harga per butir Rp1.400.

“Harga naik karena Maulid, sebelumnya hanya Rp38 ribu per rak,” ungkap Diswan, 52, pedagang telur.

Sementara, harga ayam potong Rp48 ribu per ekor, seberat 2,85 kilogram. Lalu harga bawang merah Rp25ribu per kilogram, bawang putih Rp26 ribu per kilogram, cabai merah Rp20 ribu per kilogram.

Harga daging sapi juga masih normal, antara Rp100 ribu hingga Rp120 ribu per kilogram. Harga daging tetelan antara Rp50 ribu – Rp60 ribu per kilogram.

Terkait Inflasi Sulsel, Menteri Agus menilai hingga saat ini berada dalam angka yang relatif stabil.

“Jadi kita sampai hari ini terus juga kita jaga, supaya inflasi ini tidak naik. Harga yang ada di daerah sini bagus, artinya masih di bawah harga eceran tertinggi dan di sini ada pantauan harga juga, kami di sini memonitor supaya pedagang juga tahu harga. Jadi kalau ada lebih dari itu kita akan adakan operasi pasar,”paparnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Prof. Nurdin Abdullah mengatakan agar stakeholder terkait terus menjaga kestabilan harga menjelang Natal dan Tahun Baru 2020.

“Inflasi Sulsel diperkirakan berada di range 3,5 persen, plus minus 1 persen. Namun tetap perlu diantisipasi peningakatan harga menjelang akhir tahun,” kata Nurdin Abdullah rapat High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulawesi Selatan dan kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, pekan lalu.(*)


BACA JUGA