FOTO: Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto ikut bertanding pada balap ojek gabah di Kecamatan Gantarang, Bulukumba/Sabtu, 23 November 2019/ist
#

Intip Aksi Tomy Satria “Gas Pol” di Gantarang

Sabtu, 23 November 2019 | 17:16 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – “Brum..Brummm..” suara knalpot motor yang dijoki Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto menjadi pembuka race pertama balap ojek gabah di Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba. Tepatnya di Desa Dampang, Sabtu (23/11/2019).

Mengisi akhir pekan, Tomy Satria menjajal sirkuit ekstrim Batu Lapisi Hilir bersama 60 pembalap ojek sawah. Tak kalah dengan pembalap lainnya yang sudah profesional, aksi Tomy beberapa kali memancing teriakan histeris penonton kala Tomy Satria “Gas Pol” motor yang ditungganginya.

Mendapat nomor star 5 dari enam pembalap pada race pertama, Tomy menguji adrenalin pada kegiatan yang diinisiasi oleh Karang Taruna Toddopuli, Desa Dampang.

Sesekali Tomy memperlihatkan kepiawaiannya menunggangi motor ojek gabah, seperti beberapa pembalap yang sudah profesional. Kala menikung, kakinya ditekuk, Tomy mampu menjaga keseimbangan dengan baik.



“Ternyata dibutuhkan tenaga extra dan stamina yang kuat jika ingin menjadi pembalap di sirkuit seperti ini,” kata Tomy usai race pertama.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan sebelum memasuki musim tanam, dalam beberapa tahun terakhir balap ojek gabah menjadi ritual bagi para petani dalam menyambut dan merayakan hasil panen.

Filosofi ini yang kemudian menjadi alasan Tomy Satria menghadiri balap ojek gabah. Ia juga menantang beberapa pembalap. Tomy masuk sirkuit dengan menggunakan kacamata hitam.

“Filosofi itu yang kita pegang teguh. Sangat menarik bagi saya, cara menyambut hasil bumi khususnya dari sawah,” demikian Tomy.(*)


BACA JUGA