Sebuah masjid yang berdiri kokoh di tengah hutan viral di media sosial. Masjid tersebut terletak di Kampung Langkoa Desa Bontoloe Kecamatan Bontolempangang Kabupaten Gowa.

Kubah Masjid Megah Tengah Hutan Mirip Helm Tempur Turki

Minggu, 24 November 2019 | 21:11 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Masjid megah tengah hutan di Kabupaten Gowa viral. Lokasinya jauh dari pemukiman warga. Jaraknya sekitar 5 kilometer. Masjid dengan 9 kubah itu berdiri kokoh di lahan seluas 1 hektare.

Masjid itu belakangan diketahui dibangun oleh seorang pengusaha kopi asal Sengkag, Kabupaten Wajo. Namanya H. Busli Saraka. Selain Masjid di lahan seluas 1 hektare juga berdiri perumahan untuk pekerja kebun kopi milik Puang, sapaan H. Busli.

muhammad-ismak

Tidak kalah modern dibandingka masjid yang menjadi icon suatu daerah. Arsitektur enam kubah menjulang tinggi menjadi masjid yang belum diberi nama seperti bangunan turki.

Arsitek lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Muh Mustaqim Nur menuturkan bahwa model masjid megah itu disebut model Andalusia. 

“Kalau dilihat dari kubahnya mirip helm tempurnya Turki,” kata Mustaqim, Minggu (23/11/2019).

Masjid ini terletak Kampung Langkoa Desa Bontoloe Kecamatan Bontolempangang Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Pembangunan masjid itu dimulai sejak delapan tahun yang lalu, dan dilakukan secara bertahap.

 “Masjid itu sudah lama berdiri, barangkali sekitar delapan tahun yang lalu,” Kata Sekretaris Desa (Sekdes) Bontoloe, Lahuddin La’lang.

Di sekitar masjid ada juga rumah pribadi Puang. Namun Puang memang jarang berkunjung ke Bontoloe, ia sibuk mengurusi usahanya di beberapa daerah. 

“Lahan kopi di Bontoloe satu hektar yang dekat ada masjid. Kalau wilayah kebun semuanya itu ada sekitar 3 hektar barangkali,” ungkap Lahuddin.(*)


BACA JUGA