FOTO: para orang tuas siswa dan siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Fityan School Gowa foto bersama/Selasa, 26 November 2019/Junaid/GOSULSEL.COM

Murid SDIT Al-Fityan School Gowa Tunjukkan Bakat di Hadapan Orangtuanya

Rabu, 27 November 2019 | 09:05 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Fityan School Gowa menggelar Pentas Seni Proyek Level I yang melibatkan orang tua, Selasa (26/11/2019).Wakil Kepala SDIT Al-Fityan School Gowa Bidang Kurikulum, Fatmawati mengatakan pelibatan orang tua siswa pada kegiatan itu sangat penting. Menurutnya peran orang tua sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak.

“Pendidikan dalam keluarga hanya dapat dilaksanakan jika terdapat kesadaran pada pengelola keluarga dalam hal ini peran orangtua. Tujuannya yaitu agar orangtua dapat memahami dimensi dan masalah yang terkait dengan kehidupan keluarga dalam tumbuh kembangnya,” katanya.

Menurutnya, secara konkrit pendidikan dalam keluarga harus diartikan sebagai tindakan dan upaya orangtua sebagai pendidik utama dalam membantu anak dengan memberikan pengaruh positif pada anak. Hal tersebut dapat mendorong anak menjadi pribadi yang lebih mandiri dan bertanggungjawab.

Pentas seni proyek kelas dengan tajuk “Keluargaku Kebanggaanku” merupakan agenda rutin siswa-siswi SDIT Al-Fityan di setiap tingkatkan kelas yang tentunya mengusung tema berbeda-beda.



Kegiatan tersebut diisi sejumlah pertunjukan mulai dari seni tari, pementasan lagu, tahfidz dan story telling tentang keluarga persembahan kelas 1 A, B, C dan D.

“Kegiatan ini tidak hanya menunjukkan kepada orangtua siswa pencapaian pendidikan yang telah diraih si anak, namun juga untuk mempererat silaturahmi antar orangtua, tenaga pendidik dan para siswa,” terangnya.

Fatmawati berharap kehadiran orangtua kedepannya akan semakin menyadari perannya dalam keluarga sebagai lembaga sosial pertama anak. Termasuk pula untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak.

Sementara itu, mewakili orangtua siswa Dhyni Widyasari Dwiputri mengaku kegiatan tersebut sangat positif. Bahkan tidak hanya bagi anak didik atau siswa-siswi tetapi juga kepada orangtua.

“Kami sangat bangga dapat menyaksikan langsung perkembangan anak-anak kami di sekolah melalui penampilan seni yang dia tampilkan tadi,” katanya.

Pentas seni ini juga semakin menambah motivasi siswa-siswi dalam menampilkan karya-karya seninya di masa-masa akan datang. Apalagi yang ditampilkan adalah petunjukan seni yang sesuai dengan kemampuan anak.

“Dengan mereka tampil di depan orangtuanya, tentunya akan semakin memberikan kebanggan bagi diri mereka,” tegasnya.

Dirinya pun berharap kedepan pihak sekolah semakin meningkatkan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak mereka. Baik dalam pendidikan formal maupun kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler.(*)


BACA JUGA