BNN Sulawesi Selatan mengamankan narkotika jenis baru atau New Psychoactive Substances (NPS) seberat 17 gram

BNN Sulsel Temukan Narkotika Jenis Baru

Selasa, 17 Desember 2019 | 22:33 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulawesi Selatan mengamankan narkotika jenis baru atau New Psychoactive Substances (NPS) seberat 17 gram.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BNN Sulsel, Idris Kadir saat menggelar konfrensi pers di Kantor BNN Sulsel Jalan Manunggal 22 Kelurahan Maccini Sombala Kececamatan Tamalate, Selasa (17/12/2019).

Idris Kadir menyebutkan bahwa jenis narkotika dengan nama 4 Fluro MDMB Butinaka tersebut merupakan barang langka di Indonesia dan baru dua kali ditemukan.



“Di Sulsel kemarin ditemukan bentuk NPS yang baru kedua kali ditemukan, ditemukan di Jakarta sekali dan ditemukan di Sulsel sekali. Ini berkat kerja sama kita dangan Bea Cukai,” ujar Indris Kadir.

Sementara dari hasil pemeriksaan laboratorium, NSP jenis baru tersebut dapat mengakibatkan pengguna berhalusinasi, paranoid, relaksasi dan membuat detak jantung tidak beraturan.

“Ternyata setelah pemeriksaan lab, ternyata mengandung zat-zat yang lebih berbahaya lagi. Bisa menimbulkan relaksasi, paranoid dan detak jantung tidak beraturan,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa narkotika jenis baru tersebut juga belum terdaftar di Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI. Dari 76 jenis Narkotika yang beredar di Indonesia, baru 71 yang terdaftar di Permenkes.(*)


BACA JUGA