Andi Ilham Nadjamuddin
#

Maju di Pilkada Maros, Pengamat: Ilham Nadjamuddin Sebaiknya Berpasangan Pengusaha

Kamis, 19 Desember 2019 | 15:23 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Andi Ilham Nadjamuddin menjadi salah satu sosok yang diperhitungkan untuk maju dalam kontestasi Pilkada Maros 2020. Untuk bisa menjadi penantang serius, Ilham disarankan berpasangan dengan sosok berlatarbelakang pengusaha.

“Ilham adalah sosok pamong yang sudah banyak makan asam garam birokrasi. Jika terpilih, maka Ilham bisa memerankan dirinya untuk mengontrol penuh birokrasi Maros. Untuk itulah, figur yang cocok berpasangan dengan putra mantan Bupati Maros Nadjamuddin ini adalah seorang pengusaha,” kata Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrul kepada wartawan, Kamis (19/12/2019).

Dikatakannya, perimbangan pengusaha dan birokrat untuk pemimpin Maros ke depan adalah yang paling tepat. Pembagian tugas dan peran figur akan membuat program dan kinerja pemerintah Kabupaten Maros akan semakin maksimal.

“Jika misalnya pasangan Bupatinya adalah pengusaha maka dia bisa membagi tugas dengan baik. Bupatinya karena dia pengusaha maka akan membuka peluang menarik investor ke Maros. Ilham kemudian bisa berkonsentrasi untuk fokus pada pembinaan birokrasi,” tuturnya.

Nurmal mencontohkan, sosok pengusaha akan mampu melihat peluang jeli untuk mengembangkan sektor perekonomian Maros, termasuk membuat terobosan tentang pengembangan UMKM yang saat ini kerap di pandang sebelah mata.

Di sisi lain, Ilham yang punya pengalaman matang di birokrat akan mampu melakukan akselerasi kebijakan pada tataran birokrasi. Misalnya dengan memangkas izin dan hal yang tidak penting yang menghambat masuknya investasi ke Maros.

“Duet pengusaha dan birokrat bakal membuat perubahan yang signifikan dan tentu saja menjadi penantang paling serius dan bakal diunggulkan di Pilkada Maros,” ucapnya.

“Dan perlu dicatat, perpaduan pengusaha dan birokrat akan menjadi perwakilan setiap unsur yang ada di masyarakat Maros dan tahu apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di bawah,” sambung dia.(*)


BACA JUGA