FOTO: Ilustrasi/Ist

Misteri Pasukan Berkuda di Maccini Sombala

Kamis, 19 Desember 2019 | 20:27 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Tidak sedikit bangunan tua, peninggal pendahulu kadang menyimpan cerita misteri. Salah satunya adalah Maccini Sombala.

Letaknya berada di Benteng Somba Opu Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, tidak jauh dari Meriam Polong yang dikenal luas memiliki kisah urband legend.

Tempat yang berada diatas bukit ini merupakan makam Karaeng Sombala. Karaeng merupakan orang ditugaskan kerajaan untuk mengawasi kapal kolonial Belanda yang memasuki teritorial Kerajaan Gowa.

Daeng Rani salah satu warga sekitar yang memiliki informasi berkaitan Maccini Sombala mengatakan, di tempat ini selalu ditemukan sesajen, karena seringnya  orang yang datang untuk berdoa di tempat yang berada di kawasan Benteng Somba Opu itu.



“Sering didatangi pengunjung meminta jodoh ataupun Rezeki,” kata Daeng Rani.

Konon, Maccini Sombala merupakan tempat yang dijadikan Karaeng Sombala untuk melihat perahu-perahu musuh yang akan memasuki wilayah kerajaan Gowa. Arti kata “Maccini” berarti melihat sedangkan¬†“Sombala” artinya layar sehingga arti Maccini Sombala yaitu melihat layar atau bisa juga disebut pemantau layar.

Masih di lokasi yang sama dengan narasumber berbeda bernama Daeng Gassing, memiliki kisah pengalaman mistis yang diakuinya sering mendengar suara meyerupai pasukan berkuda saat malam hari.

“Kadang terdengar suara-suara pasukan berkuda di wilayah ini dan ini biasa terjadi ketika malam senin sampai malam jumat,” ungkap Daeng Gassing.

Dia menyarankan, agar orang yang datang ke tempat ini tidak takabbur dan selalu mengingat kepada Allah SWT

“Intinya jangan takabbur ataupun sombong, selalu mengingat Allah SWT jika ke tempat ini,” katanya.(*)


BACA JUGA