Pameran Produk Hasil Olahan Ikan antara Poklahsar dan UKM di Halaman Kantor Dinas Perikanan Gowa, Jumat (20/12/2019)

30 UKM Binaan Dinas Perikanan Gowa Hadiri Pameran Produk Hasil Olahan Ikan

Jumat, 20 Desember 2019 | 15:38 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sekitar 30 pelaku UKM di bawah binaan Dinas Perikanan Kabupaten Gowa mengikuti Pameran Produk Hasil Olahan Ikan antara Poklahsar dan UKM di Halaman Kantor Dinas Perikanan Gowa, Jumat (20/12/2019).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gowa Masykur Mansyur mengungkapkan, pameran produk olahan ikan yang diikuti sekitar 30 pelaku UKM binaan Dinas Perikanan menjadi agenda rutin untuk mendorong kebiasaan masyarakat agar gemar makan ikan.

Masykur Mansyur menjelaskan bahwa saat ini ada kecenderungan anak-anak kurang makan ikan, sehingga untuk membiasakan mereka suka makan ikan bisa dilakukan dengan diolah menjadi makanan lainnya.

“Seperti bakso ikan, empek-empek ikan, presto dan lainnya, makanan olahan inilah kita tawarkan di sini dari para pelaku usaha binaan kami,” ujarnya.

Lanjut Masykur Mansyur, ikan sangat bagus dikonsumsi untuk perkembangan gizi anak-anak kedepannya. “Makanya tahun ini menjadi program prioritas kami adalah menyosialisasikan agar masyarakat gemar mengkonsumsi ikan. Baik dalam bentuk olahan maupun bukan olahan,” katanya.

Sementara untuk produksi ikan di wilayah Kabupaten Gowa Masykur Mansyur menyebutkan bahwa setiap tahunnya mencapai sekitar 900 ton yang terdiri dari konsumsi sendiri hingga diproduksi menjadi olahan makanan lainnya. Khusus untuk olahan ikannya berbeda-beda, bahkan ada salah satu pelaku UKM dapat memproduksi ikan menjadi olahan sekitar 3 ton perbulannya.

Ia mengatakan, dari total produksi ikan yang dikonsumsi jenis ikan yang banyak dikonsumsi masyarakat adalah jenis ikan nila. Sementara untuk jenis ikan yang banyak diolah beraneka ragam seperti ikan nila, ikan bandeng maupun ikan lele.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa H. Muchlis yang membuka acara tersebut mengaku sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Gowa.

“Kegiatan ini kita sangat apresiasi karena ini dalam rangka memasyarakatkan gemar makan ikan dan juga bersinergi untuk mencegah stunting. Pasalnya dengan mengkonsumsi ikan ada protein dan gizi yang berimbang baik itu bagi ibu hamil, ibu menyusui termasuk pada pertumbuhan dan perkembangan anak-anak,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA