Pameran Produk Hasil Olahan Ikan antara Poklahsar dan UKM di Halaman Kantor Dinas Perikanan Gowa, Jumat (20/12/2019)

Di Pameran Produk Hasil Olahan Ikan, Sekda Gowa Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Jumat, 20 Desember 2019 | 15:45 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa H. Muchlis mengajak masyarakat khususnya orang tua agar gemar dan membiasakan diri kepada anak-anaknya untuk memakan ikan.

Menurut H. Muchlis ikan memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan yang terdapat dalam ikan dapat memenuhi kebutuhan gizi sehingga bisa menekan terjadinya stanting.

“Pasalnya dengan mengkonsumsi ikan ada protein dan gizi yang berimbang baik itu bagi ibu hamil, ibu menyusui termasuk pada pertumbuhan dan perkembangan anak-anak,” ungkapnya.

Lanjut H. Muchlis pameran tersebut bisa menjadi edukasi bagi orang tua bagaimana mengolah ikan menjadi makanan lain yang enak dan sehat dikonsumsi. H. Muchli berharap ke depan, agar kebiasaan tersebut dapat tercapai dengan maksimal. Ia juga berharap lebih gencar dilakukan mulai dari tingkat sekolah-sekolah.

“Misalnya seluruh koordinator wilayah di tingkat kecamatan menginstruksikan sekolah-sekolahnya agar di hari-hari tertentu dapat memperkenalkan produk olahan ikan termasuk menyosialisasikan manfaatnya mengkonsumsi ikan demi menjaga status gizi anak-anak kita kedepan,” ujarnya.

Selain itu, H. Muchlis juga mengatakan hal tersebut juga dalam rangka membantu pelaku UKM dalam memasarkan hasil produknya kepada pengunjung pameran. Sehingga para UKM akan semakin termotivasi untuk mengembangkan dan memvariasikan produk-produk jualannya dalam hal ini hasil olahan ikannya.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gowa Masykur Mansyur mengungkapkan, pameran produk olahan ikan tersebut diikuti sekitar 30 pelaku UKM binaan Dinas Perikanan dan kegiatan tersebut menjadi agenda rutin untuk mendorong kebiasaan masyarakat agar gemar makan ikan.(*)


BACA JUGA