Gempa Takalar
Ilustrasi

Gempa 3.5 SR Guncang Luwu Timur, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Rabu, 25 Desember 2019 | 20:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

LUWU TIMUR, GOSULSEL.COM — Gempa bumi berkekuatan 3.5 Skala Richter mengguncang wilayah Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Rabu, (25/12/ 2019) sekitar pukul 18:32:17 WITA.

Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, S.Si, M.Si mengatakan bahwa dari hasil analisis BMKG menunjukkan Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.62 LS dan 121.12 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 Km Utara Kecamatan Malili, Luwu Timur, Sulawesi Selatan pada kedalaman 9 km.

pt-vale-indonesia

“Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Patahan Matano yang berdekatan dengan pusat epicenter,” ujarnya.

Lanjutnya, berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi tersebut dirasakan di Kalaena II MMI. ia juga meminta Warga agar tetap tenang karena gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi Tsunami. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Ia juga meminta agar informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).(*)


BACA JUGA