Dinsos Kabupaten Gowa melaunching program baru, "Lakemaiki", di Pelataran Masjid Agung Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Jumat kemarin (27/12/2019)

Tingkatan Pelayanan, Dinsos Gowa Launching Program ‘Lakemaiki’

Sabtu, 28 Desember 2019 | 14:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gowa melaunching satu program baru yaitu Layanan Khusus Pengantar Masyarakat Miskin atau “Lakemaiki”.

Peluncuran program tersebut dilakukan di Puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 tingkat Kabupaten Gowa di Pelataran Masjid Agung Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Jumat kemarin (27/12/2019).

Peluncuran tersebut ditandai dengan pemasangan rompi oleh Wakil Bupati Gowa H Abd Rauf Malaganni Kr kepada petugas program ‘Lakemaiki’.

Ketua Panitia HKSN tahun 2019 tingkat Kabupaten Gowa, Yasser Azhari mengatakan bahwa peluncuran layanan tersebut sebagai rangkaian dari Peringatan HKSN tingkat Kabupaten Gowa.

Sementara itu, Kapala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol mengatakan bahwa peluncuran layanan tersebut untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari layanan masalah sosial.

“Layanan itu untuk meningkatkan pelayanan bagi pencari layanan masalah kesejahteraan sosial di Dinas Sosial Kabupaten Gowa. Khususnya masyarakat yang tidak bisa menjangkau Dinas Sosial,” kata Syamsuddin Bidol.

Lanjutnya, program ‘Lakemaiki’ lebih fokus pada kasuisistik misalnya ada masyarakat yang tidak menjangkau ke dinas sosial. Maka petugas ‘Lakemaiki’ akan mendatangi dan mengunjungi masyarakat kemudian berkoordinasi dengan Pekerja Sosial (Peksos) yang ditugaskan di lapangan.

“Misalnya dia disabilitas tidak mungkin bisa berjalan kemudian dia tidak bisa jangkau kantor, maka Peksos melakuan pendalaman data itu dan menfasilitasi ke Dukcapil ke rumah yang bersangkutan untuk melengkapi seluruh dokumen yang kita uruskan,” jelasnya.

Saat ini petugas yang disiapkan oleh Dinsos kurang lebih 3 orang yang dilengkapi dengan motor dinas dan siap mendatangi warga yang memiliki masalah kesejahteraan sosial.

Olehnya itu, Syamsuddin Bidol berharap dengan adanya program tersebut peningkatan layanan Pemerintah Kabupaten Gowa akan meningkat kepada penerima kesejahteraan sosial. “Jadi masyarakat sebagai penerima supaya lebih meningkatkan lagi,” harapnya.(*)


BACA JUGA