FOTO: Kanal di Jalan Batua Raya/29 Desember 2019

Antisipasi Banjir, DPRD Makassar Minta Pemkot Segera Selesaikan Pengerukan Drainase

Kamis, 02 Januari 2020 | 16:15 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui instansi terkait untuk segera menyelesaikan pengerukan di seluruh drainase di Kota Makassar. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir memasuki puncak musim hujan bulan Januari dan Februari 2020.

Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Ari Ashari Ilham mengatakan, penyebab utama terjadinya banjir di Kota Makassar adalah sumbatan pada jalur air drainase. Menurutnya masalah ini sudah menjadi pengalaman dari tahun ke tahun.

“Diharapkan agar semua drainase sudah selesai dikeruk, dibersihkan. Insya Allah kalau drainasenya bagus, saluran air lancar maka bisa meminimalisir terjadinya banjir,” kata Ari, sapaan Ari Ashari Ilham, Kamis (2/1/2020).

Dia mengakui bahwa Satgas drainase yang ada di semua tingkatan, yakni kelurahan, kecamatan dan Dinas Pekerjaan Umum sudah bekerja sejak beberapa bulan terakhir jelang musim hujan. Hanya saja, kata dia perlu dilakukan kroscek kembali titik-titik rawan terjadinya sumbatan.



“Paling tidak para lurah memerintahkan Satgas untuk keliling ke wilayah masing-masing. Jika ada terjadi penyumbatan, kroyok saja di situ. Intinya pastikan saja bahwa di Makassar tidak ada lagi penyumbatan drainase,” ungkpanya.

Tidak hanya pihak pemerintah, Ari juga mengimbau kepada masyarakat untuk kompak menjaga kebersihan, slaah satunya tidak membuang sampah di sembarangan tempat, khususnya daerah aliran air.

“Kebiasaan masyarakat kita kadang masih ada tidak sadar membuang sampah di sembarang tempat, khsusunya kedalam drainase atau got. Termasuk puing-puing material sisah pembangunan, biasa kita temukan dibiarkan saja masuk ke dalam got,” ungkap dia.

Tidak hanya itu saja, akan tetapu dia meminta masyarakat untuk ikut pro aktif melakukan kerja bakti, khususunya di sekitar rumah masing-masing.

“Pastikan tidak ada penyumbatan di sekitar rumah kita masing-masing. Kalau ada penyumbatan dan tidak bisa tertangani, bisa langsung informasikan ke Satgas Drainase,” tandasnya.(*)


BACA JUGA