FOTO: Taman Kita menjadi tempat nonkrong baru warga Perdos UNM. Di tempat ini dulunya pembuangan sampah yang dirubah menjadi taman asri atas inisiasi pemuda warga sekitar/Jumat, 3 Januari 2020/Junaid/GOSULSEL.COM

Belajar Merubah Pembuangan Sampah Jadi Taman Asri pada Pemuda Perdos UNM

Jumat, 03 Januari 2020 | 10:14 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM РSejumlah pemuda yang bermukim di Kompleks Perumahan Dosen UNM Kelurahan Parang Tambung, Kecematan Tamalate, Kota Makassar berhasil merubah tempat pembuangan sampah menjadi taman yang asri. 

Di tempat itu, dulunya dijadikan tempat pembuangan sampah liar dan material sisa bangunan. Beberapa pemuda berinisiatif membenahi dan menanam beberapa pohon bunga hias.

“Dulu, lahan tersebut dijadikan tempat sampah dan timbunan sisa bangunan oleh warga, kemudian saya dan para pemuda kompleks bersama-sama membenahi dan menanam bunga” kata Ipul, salah seorang pemuda Kompleks Perdos UNM, Jumat (3/1/2020).

Di tempat yang sama, Ilham yang juga salah seorang pemuda Kompleks Perdos UNM mengatakan bahwa taman itu diberi nama ‘Taman Kita’. Dimana taman yang dirintis oleh para pemuda kompleks Perdos tersebut juga mendapat dukungan dari pemerintah setempat dan warga yang ada di sekitarnya.



“Selain dukungan dari pemerintah setempat, warga juga sangat mengapresiasi dengan memberikan sumbangan bunga yang kemudian kami tanam di Taman,” ujar Iham.

Walaupun belum semua rampung, tetapi taman “Taman Kita” saat ini sudah digunakan oleh warga sekitar untuk menikmati pagi dan sore. Selain warga setempat, taman ini juga sering di gunakan oleh mahasiswa sebagai tempat kerja kelompok atau kegiatan lainnya.¬†

Ilham juga berharap “Taman Kita” kedepannya menjadi ruang publik dalam membangun¬† komunikasi antar warga.

“Kedepannya, kami berharap taman ini menjadi ruang sosial masyarakat. Tempat bersilaturahmi dan segaligus menjadi ruang belajar non formal bagi anak-anak yang ada di kompleks Perdos,” harap Ilham.(*)


BACA JUGA