#

Dewan Sarankan Pemkab Bulukumba Prioritaskan Pertanian, Perikanan dan Perkebunan

Rabu, 08 Januari 2020 | 13:06 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bulukumba menyarankan Pemerintah Kabupaten Bulukumba, agar bisa memprioritaskan 3 sektor yakni pertanian, perikanan, perkebunan agar bisa lebih berkembang lagi ke depan.

Hal itu disampaikan oleh Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba mereka meminta Pemkab menggelontorkan anggaran di sektor tersebut.

Anggota Fraksi Gerindra, Abdul Hakim, mengatakan tiga sektor ini merupakan potensi unggulan untuk meningkatkan dan memberi kontribusi besar kepada Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

“Mendorong pemerintah agar memberi porsi anggaran yang lebih besar kepada sektor Pertanian, Perkebunan dan Perikanan,” kata anggota Komisi A DPRD Bulukumba ini, Rabu, (8/01/2020).



Subsidi anggaran tiga sektor ini kata dia, dinilai belum pada porsi yang maksimal, pasalnya menurut PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Kabupaten Bulukumba atas dasar harga berlaku menurut lapangan usaha tahun 2013-2017 berada pada angka 40,39 persen

Bila dibandingkan pada tabel Laju Pertumbuhan Rill PDRB Kabupaten Bulukumba Atas Dasar Harga Konstan Tahun 2013-2017 hanya tumbuh pada angka 5,29 persen.

“Artinya jumlah perputaran uang yang terjadi pada masyarakat dengan pekerjaan pokok di Pertanian, Perkebunan dan perikanan masih sangat rendah,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA