Hujan lebat/INT

BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Wilayah Gowa-Makassar Hari Ini

Sabtu, 11 Januari 2020 | 08:01 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan untuk waspada cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang termasuk di wilayah Gowa dan Makassar hari ini, Sabtu (11/1/2020).

Seperti di pagi hari ini, hujan dengan intensitas ringan berpotensi turun di sebagian besar wilayah Sulsel bahkan berpotensi hujan sedang di wilayah Makassar, Takalar, Gowa, Pare-pare, Soppeng, Maros, Pangkep dan Barru. Kecuali berawan di wilayah Sinjai, Masamba, Rantepao, Palopo, Malili, Makale, Jeneponto, Enrekang, Bulukumba, Benteng dam Bantaeng.

pt-vale-indonesia

Begitupun di siang hari nanti, hujan berpotensi turun di seluruh wilayah Sulsel bahkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Sidenreng, Pinrang, Pare-pare, Makassar, Soppeng, Watampone, Gowa, Sinjai, Takalar, Pangkep, Maros, Bulukumba, Barru dan Masamba.

Hal yang sama juga diprediksi akan terjadi di malam hari nanti hujan ringan hingga sedang terjadi di seluruh wilayah Sulawesi Selatan. Bahkan berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Makassar, Sengkang, Soppeng, Gowa, Sidenreng, Pinrang, Pare-pare, Pangkep, Maros, Enrekang dan Barru. Kecuali berawan di wilayah Sinjai, Jeneponto, Bulukumba, Benteng dan Bantaeng.

Dini hari besok hampir seluruh wilayah Sulsel berpotensi hujan ringan bahkan hujan sedang di wilayah Makassar, Sengkang, Gowa, Sidenreng, Pinrang, Belopa, Pare-pare, Pangkep, Maros, Enrekang dan Barru. Kecuali berawan di wilayah Sinjai, Bulukumba, Benteng dan Bantaeng.

Suhu udara : 19 sampai 30 °C, kelembapan udara : 75 sampai 98 persen dengan kecepatan angin : Barat – Barat Laut / 10 – 50 km/jam.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan untuk waspada gelombang tinggi di perairan Sulsel. Seperti Moderate Sea 1.25 – 2.5 meter Terjadi di : Perairan Spermonde Pangkep bag. Barat, Perairan Spermonde pangkep, Perairan Spermonde Makassar bagian Barat, Perairan Spermonde Makassar.

Perairan Barat Kepulauan Selayar, Perairan Kepulauan Sabalana, Teluk Bone bagian selatan, Perairan Timur kepulauan Selayar, Laut Flores bag. Utara, Laut Flores bagian Barat, Perairan P. Bonerate – Kalaotoa bag. Utara dan P. Bonerate – Kalaotoa bagian Selatan. Serta Rough Sea 2,5 – 4 meterT terjadi di : Selat Makassar bag. Selatan, Perairan Pare-pare dan Laut Flores bagia Timur.(*)


BACA JUGA