Banjir yang terjadi di Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan menyebabkan 3 kecamatan terendam

Banjir di Soppeng Rendam 3 Kecamatan

Minggu, 12 Januari 2020 | 22:13 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

SOPPENG, GOSULSEL.COM — Banjir yang terjadi di Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan menyebabkan 3 kecamatan terendam. Yaitu Kecamatan Ganra, Donri-Donri dan Kecamatan Marioriawa, Minggu (12/1/2020).

“Banjir terjadi di 3 kecamatan dengan meliputi 6 desa dan kelurahan,” kata Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Soppeng, Muhammad Faisal.

Menurut Muhammad Faisal banjir tersebut terjadi akibat curah hujan tinggi yang turun di Kabupaten Soppeng sejak kemarin dan membuat sejumlah sungai meluap.



“Intensitas hujan lumayan tinggi dimulai kemarin malam hingga sore tadi. Untuk banjir di Kecamatan Donri-Donri akibat luapan Sungai Paddangeng, sedangkan untuk Kecamatan Marioriawa luapan Danau Tempe,” jelasnya.

Hanya saja untuk dampak dan jumlah rumah yang terkana banjir hingga saat belum diketahui karena masih dalam tahap pendapatan. “Data datanya belum masuk, sementara masing-masing desa kelurahan mendata daerah masing-masing,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa saat ini ketinggian air sudah mulai surut di beberapa desa dan kelurahan. Menurutnya hal tersebut berdasarkan hasil pemantauan tim gabungan Tagana dan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KabupatenĀ Soppeng.

“Dan untuk sementara ketinggian debit air di beberapa daerah desa kelurahan sudah mulai surut hasil pemantauan tim gabungan TAGANA dan TRC BPBD dan saat ini hujan juga mulai sudah redah,” tambahnya.

Sementara diketahui untuk daerah terparah yang terkena dampak banjir yaitu di Kecamatan Marioriawa yakni Madining, Kelurahan Attang Salo.(*)


BACA JUGA