BMKG Ingatkan Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah Sulsel Hari Ini

Minggu, 12 Januari 2020 | 09:02 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Sulawesi Selatan hari ini, Minggu (12/1/2020).

Seperti di pagi hari ini, BMKG prediksi hujan ringan berpotensi turun di hampir seluruh wilayah Sulsel serta hujan sedang di wilayah Makassar, Sengkang, Sungguminasa, Sidenreng, Pangkajene, Maros. Bahkan hujan lebat di wilayah Pinrang, Parepare, Enrekang dan Belopa. Kecuali berawan di wilayah Sinjai, Bulukumba, Selayar dan Bantaeng.

pt-vale-indonesia

Begitupun di siang hingga sore hari nanti hujan ringan turun di seluruh wilayah Sulawesi Selatan, dan hujan sedang di wilayah Watampone, Belopa, serta hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Sungguminasa, Watansoppeng, Pinrang, Parepare, Pangkajene, Maros dan Barru. Kecuali berawan di wilayah Masamba, Palopo dan Selayar.

Hal yang sama juga terjadi di malam hari nanti, hujan dengan intensitas ringan berpotensi turun di sebagian besar wilayah Sulsel dan hujan sedang di wilayah Makassar, Watansoppeng, Watampone, Pangkajene, Maros, Barru. Kecuali berawan di wilayah Masamba, Rantepao, Palopo, Makale, Jeneponto, Bulukumba, Selayar dan Bantaeng.

Dini hari besok, hujan ringan masih berpotensi turun di hampir seluruh wilayah Sulsel bahkan hujan sedang berpotensi turun di wilayah Makassar, Watansoppeng, Sungguminasa, Pangkajene, Maros, Barru. Kecuali berawan di wilayah Malili, ENrekang, Pinrang, Masamba, Rantepao, Palopo, Makale, Jeneponto, Bulukumba, Selayar dan Bantaeng.

Suhu udara : 20 sampai 30 °C, kelembapan udara : 70 sampai 98 persen dengan kecepatan angin : Barat – Barat Laut / 15 – 45 km/jam.

BMKG juga mengingatkan untuk waspada gelombang tinggi di perairan Sulsel. Seperti Moderate Sea 1.25-2.5 meter terjadi di Perairan Spermonde Pangkep, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, Perairan Spermonde Makassar, Perairan timur Kepulauan Selayar dan Laut Flores bagian barat.

Serta Rough Sea 2.5-4.0 meter terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Pare-Pare, Perairan Spermonde Pangkep bagian barat, Perairan barat Kepulauan Selayar, Perairan Sabalana, Teluk Bone bagian selatan, Laut Flores bagian utara, Perairan P. Bonerate – Kalaotoa bagian utara, perairan P. Bonerate – Kalaotoa bagian selatan dan Laut Flores bagian timur.(*)


BACA JUGA