BREAKING NEWS: Selayar Diguncang Gempa 4.3 SR, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Kamis, 16 Januari 2020 | 18:26 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

SELAYAR, GOSULSEL.COM — Gempa bumi berkekukatan 4.3 Skala Richter menggunacang Kec. Bontomatene, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, Kamis (16/1/2020) pukul 16:35 Waktu Indonesia Tengah (WITA).

Kepala Balai Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Darmawan mengatakan bahwa berkekuatan 4.3 SR terletak pada koordinat 5.71 LS dan 120.61 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 Km Tenggara Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Selayar.

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5.71 LS dan 120.61 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 kilomter Tenggara Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Selayar pada kedalaman 10 kilomater,” kata Darmawan.

Lanjutnya, ia menjelasklan bahwa gempa tersebut terjadi karena adanya aktivitas sesar Kabupaten Selayar berdekatan dengan pusat episenter.

“Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Selayar yang berdekatan dengan pusat episenter,” jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi tersebut dirasakan di Wilayah Benteng II-III MMI dan Bulukumba II MMI. Walaupun demikian BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi Tsunami. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ucapnya.

Ia juga berharap masyarakat memperoleh informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).(*)


BACA JUGA