Piagam Penghargaan sebagai Sekolah Terbaik II tingkat SMA/MA/SMK yang diraih MAN IC Gowa dalam Liga Olimpiade Pelajar ke-9 se-Indonesia di Kampus Universitas Sumatera Utara (USU), Minggu (5/1/2020)

MAN IC Gowa Juara Umum II Liga Olimpiade Pelajar se-Indonesia 2020

Rabu, 22 Januari 2020 | 19:35 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Gowa memang baru dua tahun beroperasi. Namun, sekolah yang terletak di Desa Belapunranga, Kecamatan Parangloe itu telah mengukir sejumlah prestasi.

Level prestasinya pun tak sembarangan. Skala nasional. Contohnya saja dalam Liga Olimpiade Pelajar ke-9 Se-Indonesia 2020 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Ajang Olimpiade MIPA yang dihelat di Kampus Universitas Sumatera Utara (USU), Minggu, 5 Januari 2020 lalu, MAN IC Gowa mendapat penghargaan sebagai Sekolah Terbaik II Juara Umum tingkat SMA/MA/SMK sederajat. 

Tak tanggung-tanggung, Club Olimpiade MIPA USU sebagai penyelenggara event memberikan penghargaan kepada MAN IC Gowa dengan predikat nilai A+ (apresiasi tertinggi).



Kepala Sekolah MAN IC Gowa, Supiana Kamad menyatakan, sangat bangga atas prestasi sekolahnya di Liga Olimpiade Pelajar se-Indonesia tahun ini. Walau terbilang sekolah baru, namun MAN IC Gowa mampu berprestasi nasional.

“Kami sangat bahagia dan bangga atas prestasi ini. Tentu keberhasilan ini menjadi pelecut semangat bagi kemajuan MAN IC Gowa ke depan,” ujar Supiana kepada Go Cakrawala di Hotel Trisula, Makassar, Rabu (22/1/2020).

Diakui Supiana, sekolahnya terus berbenah. Terutama dalam peningkatan kualitas akademik. Adapun jumlah siswa MAN IC Gowa saat ini baru sekitar 100 orang. Itu meliputi kelas X dan XI. Sementara tenaga pengajar sekitar 20 orang.

“Jumlah siswa itu sudah ideal karena kita baru beroperasi dua tahun pelajaran. Tapi yang pasti 100 siswa itu terus digembleng menjadi keluaran berkualitas. Termasuk jadi calon hafiz atau penghapal Alquran,” bebernya.

Selain soal akademik, MAN IC Gowa juga terus melengkapi diri dengan sarana dan prasarana gedung belajar. Kepala Tata Usaha MAN IC Gowa, Arifin mengungkapkan, ada dua gedung yang sementara dalam tahap pembangunan. 

Yaitu gedung pusat layanan kegiatan siswa dan gedung pusat layanan terpadu. Kedua gedung itu dibangun dengan menggunakan anggaran SBSN (Surat Berharga Syariah Negara). 

“Proses pekerjaannya sementara digenjot. Kita harapkan kedua gedung ini bisa selesai secepatnya,” tandas Arifin.(*)


BACA JUGA