Adnan Purichta Ichsan saat memberikan sambutan pada pembukaan Program Pengembangan Bahasa Asing Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) secara virtual, Selasa (4/8/2020).

Kembangkan Bahasa Asing, Bupati Adnan Harap Siswa MAN IC Bisa Kantongi Sertifikat TOEFL

Selasa, 04 Agustus 2020 | 17:44 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengaku sangat mengapresiasi Program Pengembangan Bahasa Asing yang dilaksanakan oleh MAN IC. Sebab, selain mampu menguasai teknologi, salah satu yang perlu dilakukan untuk menjawab tantangan zaman yaitu juga mampu menguasai bahasa asing khususnya bahasa Inggris.

Hal ini disampaikan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat memberikan sambutan pada pembukaan Program Pengembangan Bahasa Asing Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) secara virtual, Selasa (4/8/2020).

Menurut Adnan bahasa asing terutama bahasa Inggris akan sangat dibutuhkan saat ini hingga di masa yang akan datang. Apalagi kata Adnan Bahasa Inggris ini merupakan bahasa dunia atau global.

“Sekarang keadaan menuntut kita untuk kita fasih bisa berbahasa asing. Bukan hanya berbahasa Indonesia Bahasa Indonesia kita pakai untuk bisa berkomunikasi dengan siapapun yang ada di sekitar kita,” ujar Adnan.



Adnan menambahkan saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa sementara menjalin kerjasama dengan Briton English Education Cambridge university untuk meningkatkan sumber daya manusia khususnya di bidang Bahasa Inggris.

Di saat yang sama Direktur KSKK Madrasah, Ditjen Pendis Kemenag RI, Ahmad Umar juga mengatakan hal yang sama. Dirinya menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan program yang sangat cerdas untuk bisa meningkatkan kemampuan berbahasa asing bagi siswa.

Dirinya berharap agar aktifitas siswa saat mulai masuk asrama juga menggunakan bahasa asing. Hal ini untuk melatih siswa agar terbiasa menggunakan bahasa asing. Sehingga mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa MAN IC.

“Kalau nanti siswa sudah masuk di asrama sebaiky menggunakan bahasa asing Arab dan Inggris. Sehingga tidak perlu lagi mengajarkan bahasa asing di kelas. DiĀ  kelas cukup ajarkan untuk mengejar skor TOEFL dan IELTS,” ujarnya.

Ia juga berharap selain mengantongi Ijazah siswa MAN IC juga bisa mengantongi sertifikat TOEFL dan IELTS. Sehingga bisa sejajar dengan sekolah-sekolah unggulan di Indonesia bahkan Dunia.

Sementara itu, Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kabupaten Gowa, Supiana berharap Program Pengembangan Bahasa Asing ini bisa dimanfaatkan oleh siswa siswi MAN IC.(*)


BACA JUGA