Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Mallaganni Kr menyerahkan penghargaan kepada Kepala Inspektorat Kabupaten Gowa, Kamsina usai Pelaksanaan Upacara di depan Kantor Bupati Gowa, Senin (3/2/2020)

Inspektorat Gowa Terima Penghargaan dari Bupati Gowa

Selasa, 04 Februari 2020 | 01:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mendapat penghargaan dari Pemkab Gowa, Senin (3/2/2020).

Para OPD tersebut mendapat penghargaan atas capaian dalam Evaluasi Akuntabilitas Kinerja (SAKIP) tahun 2018, dan Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2019.

Salah satu yang mendapatkan penghargaan adalah Inspektorat Kabupaten. Inspektorat Kabupaten Gowa mendapat penghargaan atas capaiannya dalam Evaluasi Akuntabilitas Kinerja (SAKIP) tahun 2018.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Mallaganni Kr kepada Kepala Inspektorat Kabupaten Gowa, Kamsina usai Pelaksanaan Upacara di depan Kantor Bupati Gowa.



Sementara itu dalam sambutannya, H. Abd Rauf Mallaganni mengatakan bahwa penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada OPD karena berhasil mendorong peningkatan kinerja sesuai yang diamanahkan sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian sasaran pembangunan Kabupaten Gowa.

“Penghargaan yang diraih Pemkab Gowa tentu tidak terlepas dari upaya dan kerja keras kita bersama, sehingga hari ini diberikan penghargaan sebagai reward sebagai dorongan dalam meningkatkan kinerja OPD dan menjadi bahan evaluasi untuk penyempurnaan kedepan,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Bagian Organisasi, Azhari Azis mengatakan evaluasi tersebut sebagai bentuk implementasi manajemen kinerja OPD masing-masing.

Dari hasil evaluasi SAKIP Kabupaten Gowa tahun 2018, Gowa menorehkan predikat B. Sehingga dari hasil tersebut OPD harus terlibat langsung dan mampu mengetahui SAKIP di OPDnya agar mampu meningkatkan SAKIP minimal BB.

Sedangkan bidang pelayanan publik, dalam mewujudkan pemerintahan yang makin terbuka maka pemda diarahkan untuk selalu transparan, akuntabel, dan inovatif.

Dari hasil capaian pelayanan publik, Kabupaten Gowa meraih predikat kepatuhan tinggi atau zona hijau dan pengelolaan pengaduan pelayanan publik dalam top 30 terbaik nasional.

“Melalui penghargaan ini OPD telah dikategorikan sehingga ini bukan hanya sekedar menilai OPD, namun untuk memetakan tingkat implementasi manajemen kinerja masing-masing,” tandasnya.(*)


BACA JUGA