Jumpa pers BPS Sulsel di Kantor BPS Sulsel, Rabu (5/2/2020)

Sektor Informasi dan Komunikasi Tumbuh Paling Tinggi di Sulsel Selama 2019

Rabu, 05 Februari 2020 | 22:38 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatat sektor atau lapangan usaha informasi dan komunikasi tumbuh paling meyakinkan di tahun 2019. Laju pertumbuhannya sebesar 10,99%.

“Dan berbagai macam online seperti transportasi online juga ikut mempengaruhi kecepatan pertumbuhan di informasi dan komunikasi,” ujar Kepala BPS Sulsel, Yos Rusdiansyah.

Selain transportasi online, masih maraknya perdagangan online yang dikenal dengan online shop juga menyumbang angka pertumbuhan. Ditambah lagi kegiatan iklan pemilu yang ditayangkan pada media TV dan radio.

Tak hanya konsumsi rumah tangga yang meningkat hingga 11% untuk komoditi komunikasi, jumlah tenaga kerjapun meningkat hingga 19,6% pada 2019.



Sementara lapangan usaha lain yang juga menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi Sulsel yaitu jasa perusahaan dan administrasi pemerintahan.

Jasa perusahaan tumbuh 10,53% dikarenakan peningkatan pendapatan bisnis travel utamanya kegiatan haji dan umrah. Jumlah tenaga kerjanya juga meningkat signifikan hingga 17,5%.

Kenaikan gaji ASN di tahun 2019 dan penerimaan ASN yang aktif beri andil yang signifikan pada realisasi belanja pegawai secara keseluruhan, sehingga meningkatkan pertumbuhan administrasi pemerintah.(*)


BACA JUGA