FOTO: Wakil Ketua II DPRD Gowa, Zulkifli Alimuddin Tiro/GOSULSEL.COM

Dewan Ingatkan ASN di Gowa jaga Netralitas Jelang Pilkada

Selasa, 11 Februari 2020 | 12:51 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

GOWA, GOSULSEL.COM – Wakil Ketua II DPRD Gowa, Zulkifli Alimuddin Tiro mengatakan, netralitas ASN harus ditingkatkan. Tidak perlu menjadi partisan karena mereka digaji oleh negara yang bersumber dari uang rakyat.

Hal ini ditegaskan oleh Zulkifli Alimuddin menyusul ASN selalu menjadi sorotan setiap pemilu. Terutama pilkada. Kadang keberpihakan ditunjukkan demi mendapatkan jabatan tertentu.

Keberpihakan ini terutama ditunjukkan ASN yang sudah memenuhi kualifikasi sebagai pejabat. Ketika jagoannya terpilih, mereka berpeluang diangkat jadi kepala dinas karena ikut memberi kontribusi selama proses pilkada.

Peringatan tentang netralitas ASN berulang kali disampaikan. Namun, tetap saja ada yang berpihak.



“Netralitas ASN itu harus dijaga karena netral tidak merugikan siapa-siapa. Tidak merugikan keluarga atau kelompok lain,” kata Zulkifli kepada, Selasa (11/2/2020).

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa telah mensosialisasikan larangan ASN terlibat politik praktis.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan juga telah menegaskan agar ASN lingkup Pemkab Gowa bersikap netral dalam Pilkada 2020.

Dirinya mengaku akan menggunakan kewenangan tersebut untuk menjalankan tugasnya. Khususnya dalam melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran.(*)


BACA JUGA