Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa.

1000 Pramuka Gowa Siap Sukseskan Penanaman Vitever

Jumat, 14 Februari 2020 | 22:12 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa siap terlibat pada penanaman massal 180.000 bibit Vitever di wilayah Kabupaten Gowa pada Senin mendatang (17/2/2020).

Ketua DKC Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa, Nurhalifah B menyebutkan bahwa dirinya menargetkan 1000 anggota Pramuka akan terlibat dalam penanam tersebut.

“Insya Allah 1000 anggota Pramuka Gowa akan ikut. Karena target 100 per Ranting. Kami sudah kirimkan surat edarkan ke semua ranting di Kabupaten Gowa,” ujarnya, Jumat (14/2/2020).

Anggota Pramuka Universitas Negeri Makassar (UNM) ini berharap dengan adanya penanaman Vitever tersebut dapat mencegah longsor di Kabupaten Gowa.



“Harapannya ini bisa mencegah terjadinya longsor di Kabupaten Gowa, seperti diketahui Kabupaten Gowa termasuk wilayah rawan bencana,” harapnya.

Sementara itu, beberapa waktu lalu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyebutkan bahwa penanaman Vitever akan dilakukan di 11 Kecamatan di Kabupaten Gowa. Yaitu di Kecamatan Bontolempangan, Tompobulu, Biringbulu, Bungaya, Manuju, Parangloe, Parigi, Tinggimoncong, Tombolopao, Pattalassang dan Bajeng Barat.

“Kita berharap akan dibagi titik penanaman kepada pimpinan SKPD untuk melakukan monitoring langsung penanaman vetiver di daerah-daerah tersebut,” kata Bupati Adnan saat coffee morning pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa sekaligus dirangkaikan Rapat Koordinasi Penanaman Vetiver yang berlangsung di Baruga Tinggi Mae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Senin lalu (10/2/2020).

Bupati Adnan juga mengungkapkan penanaman vetiver tersebut dalam rangka memperingati 4 tahun pemerintahan bersama Wakil Bupati Gowa, H Abdul Rauf Malaganni Kr Kio.

Tanaman yang memiliki bahasa latin vetiveria zizaniodies atau chrysopogan zyzanioides disiapkan oleh Pemkab Gowa sebanyak 150.000 bibit dan tambahan bantuan 30.000 bibit dari Balai Pertanian dan Litbang, Kementrian Pertanian RI.

“Untuk penanaman vetiver nanti dalam rangka memperingati 4 tahun pemerintahan saya bersama bapak Abdul Rauf Malaganni memimpin Kabupaten Gowa sekaligus akan memecahkan rekor Muri atas penanaman vetiver terbanyak di wilayah Indonesia dengan bibit sebanyak 180.000 bibit ditanam di 11 kecamatan,” tambahnya.(*)


BACA JUGA