#

Pemkab Tak Bisa Kucurkan Anggaran, Dewan Minta Pemprov Bangun Bendungan di Sungai Balantieng Bulukumba

Senin, 17 Februari 2020 | 19:35 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Anggota Dewann Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bulukumba meminta Pemerintah Provinsi untuk melakukan pembangunan bendungan di Sungai Balantieng, Kabupaten Bulukumba.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi A DPRD Bulukumba, Andi Pangerang Hakim. Dia mengatakan Sangai Balantieng adalah sumber pengairan sawah para petani di Bulukumba, khususnya lahan sawah yang berada di Kecamatan Ujung Loe.

Hanya saja, Pemerintah Kabupaten Bulukumba tidak bisa mengucurkan anggaran untuk pembangunan bendungan. Kendalanya lantaran Sungai Balantieng menjadi kewenagan pemerintah provinsi.

Andi Pangeran menegaskan bahwa hal ini menjadi sangat penting, karena air adalah kebutuhan dasar masyarakat untuk bertani.



“Sebagai anggota DPRD sudah semestinya yang kayak begini yang harus diperjuangkan, karena tanpa air tidak akan ada pertanian, tanpa pertanian masyarakat sengsara,” kata legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Bulukumba itu, Senin (17/2/2020).

Olehnya itu, Andi Pangerang berharap, pembangunan bendungan harus diprioritaskan dan menjadi perhatian Pemkab Bulukumba dan Pemprov Sulsel.

“Kita berharap pembangunan bendungan ini menjadi perhatian pemerintah,” kata dia.

Sebelumnya, Legislator PKS Bulukumba Pasakai, mengatakan, pembangunan bendugan harus menjadi proritas.

Karena hampir setiap tahun, ratusan hektare sawah di Kecamatan Ujung Loe, terkena puso akibat kekeringan.

“Kita harap Pak Gubernur bisa memperhatikan ini. Kasihan petani tiap tahun alami puso. Mereka butuh bendungan,” kata Pasakai.


BACA JUGA