Masker (sumber foto: internet)

Cegah Virus Corona, Dinkes Makassar Siapkan 278.000 Stok Masker

Selasa, 03 Maret 2020 | 22:24 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar telah menyiapkan masker sebanyak 278.000 buah. Ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila ada warga yang mengalami gejala dari virus Corona atau COVID-19.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Makassar, Naisyah Tun Azikin mengungkapkan bahwa pihaknya telah memiliki persediaan sebanyak 250 karton yang berisikan 250.000 buah masker. Selain itu, Dinkes juga akan menambah pasokan dengan jumlah 28 karton. Sehingga total persediaan nantinya ialah 278.000.

“250 dos itu stok tahun lalu, yang tersisa. Nanti kita adakan lagi 28 dos,” jelasnya saat konferensi pers terkait virus Corona, Selasa (3/3/2020).

Meskipun masih terbilang banyak, namun, kata Naisyah, bakal ada pembatasan untuk pemberian masker tersebut. Misalnya saja untuk tiap Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) akan dibagikan 2000 buah masker.



“Jadi setiap Puskesmas itu diberikan 2000 masker,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menegaskan bahwa warga diharap tetap tenang menyikapi kondisi tersebut. Mereka pun diimbau untuk tidak melakukan pembelanjaan kebutuhan harian terkhusus masker dalam jumlah banyak.

“Kita harus mencegah adanya panic buying. Tidak boleh ada yang membeli banyak. Apalagi masker hanya untuk bagi yang sakit saja kalau misalkan kena flu, batuk. Jadi yang sehat, jangan,” katanya.(*)


BACA JUGA