BPBD Gowa Menyerahkan Bantuan kepada Korban Banjir di Kecamatan Pallangga. Jumat, 06 Maret 2020/FOTO/SANDI DARMAWAN/GOSULSEL.COM

BPBD Gowa Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Pallangga

Sabtu, 07 Maret 2020 | 14:41 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA,GOSULSEL.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa yang dipimpin langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gowa, Iksan Parawansa langsung meninjau lokasi banjir sekaligus menyerahkan bantuan kepada para korban banjir di Kecamatan Pallangga, Jum’at (06/03/2020)

Menurutnya, banjir tersebut diakibatkan Curah hujan yang cukup tinggi selama 2 (dua) hari terakhir mengakibatkan di beberapa wilayah di Kabupaten Gowa, salah satunya di Dusun Parangma’lengu, Desa Panakukang, Kecamatan Pallangga terkena dampaknya.

“Tadi kami memberikan bantuan peralatan perahu fiber dan logistik makanan siap saji untuk kebutuhan dasar. Peralatan ini dipakai untuk membantu warga Dusun Parangma’lengu dan Dusun Kunjungmae, Desa Panakukang, Kecamatan Pallangga dalam melakukan evakuasi dan aktifitas warga keluar masuk daerah tersebut,” jelasnya.

Iksan menambahkan bahwa sejak pagi hari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Gowa memantau kondisi wilayah Kabupaten Gowa yang terkena banjir dan genangan air akibat cuaca ekstrim dengan curah hujan tinggi di Dusun Japing dan Dusun Sailong Kecamatan Pattallasang, Desa Sunggumanai Kecamatan Bontomarannu dan Desa Kanjilo Kecamatan Barombong.



“Kondisi terakhir ketinggian air mencapai kurang lebih 50 hingga 80 centimeter, semoga kondisi cuaca dan curah hujan turun agar kondisi ketinggian air semakin surut,” ungkapnya

Ia berharap kedepannya BPBD Gowa akan meningkatkan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat untuk pentingnya tentang kebencanaan agar masyarakat bisa tanggap dan tangguh dalam menghadapi bencana, karena evakuasi mandiri ini sangat perlu dalam keluarga.

“BPBD tidak dapat menjaga selama 24 jam, ini diperlukan Katana (Keluarga Tangguh Bencana) dan diperlukan hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan maka mulai sekarang kita perlu menjaga lingkungan sekitar. Kita jaga alam dan alam akan jaga kita,” pesan Iksan.(*)

*Reporter: Sandi Darmawan


BACA JUGA