Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar saat melakukan simulasi cegah virus corona di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Selasa (10/03/2020)/FOTO/AGUNG EKA/GOSULSEL.COM

Jelang Kedatangan Kapal Coral Adventure, Otoritas Pelabuhan Makassar Simulasi Cegah Virus Corona

Selasa, 10 Maret 2020 | 20:39 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM -Menjelang kedatangan Kapal Pesiar MS. Coral Adventure VO 002 di Makassar, pihak Otoritas Pelabuhan Makassar menggelar simulasi pencegahan virus Corona atau COVID-19. Kegiatan berlangsung di Tempat Penumpang Anging Mammiri Pelabuhan Makassar, Selasa (10/03/2020).

Dalam simulasi ini, pihak Otoritas Pelabuhan Makassar melakukan pemeriksaan terhadap 36 penumpang dan 15 kru yang rencananya datang dengan kapal pesiar tersebut. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Otoritas Pelabuhan Makassar, Rahmatullah.

“Jadi ada dua simulasi, satu kalau ada suspect dan satu juga terkait masih orang normal yang ada apa-apa,” katanya.

Nantinya kapal pesiar tersebut tidak akan langsung bersandar di Pelabuhan Makassar. Melainkan, kata Rahmatullah, kapal akan berhenti ketika jarak telah sampai dua mil dari pelabuhan. Kemudian, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) datang ke kapal tersebut untuk melakukan pemeriksaan terhadap penumpang dan kru.



“Karena kapal yang akan datang besok, itu tidak langsung merapat tetapi itu dua mil dari sini ada area tertentu. Setelah itu dua mil berlabuh disana baru nanti petugas KKP naik kesana memeriksa mana kala ada suspect atau kewaspadaan terhadap penyakit corona ini,” jelasnya.

Apabila ditemukan penumpang atau kru yang diindentifikasi merupakan suspect corona maka petugas akan langsung membawanya ke Rumah Sakit Rujukan yakni Rumah Sakit (RS) Wahidin Sudirohusodo untuk diisolasi dan diperiksa. Mereka yang sehat akan kembali dipulangkan ke Australia.

“Kalau ada suspect langsung dibawah ke rumah sakit, dan orang lain tidak boleh mendekat,” ujarnya.

Rencananya Kapal Pesiar MS. Coral Adventure VO 002 yang berasal dari Darwin, Australia ini akan datang ke Makassar pada 11-12 Maret nanti. Pihak Otoritas Pelabuhan Makassar pun melakukan simulasi ini sebelum kedatangan mereka.(*)


BACA JUGA