Akibat Virus Corona, Universitas Hasanuddin Batasi Kunjungan Tamu dari Negara Lain

Rabu, 11 Maret 2020 | 14:22 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Universitas Hasanuddin (Unhas) kini telah membatasi kunjungan tamu dari negara lain. Ini dilakukan menyusul mewabahnya virus Corona atau COVID-19 di Indonesia.

Hal ini dibenarkan oleh Kasubdit Humas dan Informasi Publik Unhas, Ishaq Rahman saat dihubungi via WhatsApp, Selasa (10/03/2020). Kata dia, kebijakan tersebut ditetapkan sesuai Surat Edaran yang telah diterbitkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim.

Adapun Surat Edaran yang dimaksud ialah Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan Pendidikan.

“Sampai saat ini kita mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dikeluarkan oleh Kemendikbud,” katanya



Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Pulau Jawa seperti Institut Pertanian Bogor (IPB) telah mengeluarkan kebijakan penangguhan sementara untuk kunjungan tamu negara lain, saat ditanya mengenai hal ini, kata Ishaq, pihak birokrasi tetap membuka pintu bagi negara lain untuk bertamu.

Hanya saja, ia mengaku ada pembatasan mengenai hal ini. Selama para tamu sehat dan tidak ada sakit apapun, pihaknya mempersilahkan mereka untuk datang melawat di kampus merah ini.

“Kita sebatas membatasi, tidak sampai melarang. Sepanjang yang bersangkutan dinyatakan sehat dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), RI” lanjutnya.

Bukan hanya itu saja, Unhas pun turut mengeluarkan kebijakan sementara mengenai pergelaran Wisuda tanpa jabat tangan Rektor Unhas, Dwia Aries Tina Pulubuhu. Hal tersebut lagi-lagi dilakukan untuk mencegah adanya virus corona. (*)


BACA JUGA