Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Sri Hartini saat ditemukan di Hotel Aston, Jumat (13/03/2020)/FOTO/AGUNG EKA/GOSULSEL.COM

Pelayanan Publik di Makassar Siap Naik Level Internasional

Sabtu, 14 Maret 2020 | 00:16 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memiliki inovasi baru untuk meningkatkan pelayanan publik di Makassar ke level internasional. Berkerjasama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), hal ini akan terwujud dalam waktu dekat ini.

Digelarnya Sosialisasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2020 dan Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Kompetisi Pelayanan Publik untuk Kota Makassar di Hotel Aston, Jumat (13/3/2020), Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Sri Hartini menjelaskan, bahwa lewat kegiatan tersebut, pihaknya ingin melakukan sosialisasi kepada semua pihak terkait untuk merealisasikan rencana tersebut.

pt-vale-indonesia

“Sebetulnya ini mendorong supaya setiap daerah di Kota Makassar ini agar lebih banyak berkiprah dan memunculkan inovasi-inovasi lokal untuk bertarung di level nasional maupun intenasional,” katanya.

Untuk inovasi ini sendiri, nantinya pemerintah daerah yang akan lolos seleksi bakal mendapat dana oleh pemerintah pusat. Makassar sendiri diketahui sempat mendapat dapat dana dari Dana Insentif Daerah (DID) sebanyak 9,9 Miliar. Itu termasuk suatu kepercayaan pemerintah kepada pelaksana inovasi, kata dia.

Jagoan untuk kota Makassar masih dua, Inovasi Lorong Sehat (Longset) dan Homecare. Dua inovasi tersebut sudah masuk top inovasi terpuji. Dimana inovasi terbaik dari 99 inovasi dari seluruh Indonesia. Bahkan inovasi Longset pernah menjadi finalis di level internasional.

“Kalau sudah lolos untuk top 99 itu menjadi perhatian kami, selain mendapat penhargaan tingkat nasional, jug akan diajukan untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat internasional yang diadakan Persatuan Bangsa- Bangsa (PBB) tiap tahunnya,” katanya. (*)


BACA JUGA