Kadinkes Makassar, Naisyah Tun Azikin saat ditemui di Kantor Dinkes Makassar, Jumat (20/03/2020)/FOTO/AGUNG EKA/GOSULSEL.COM

Terkendala Bahan, Dinkes Makassar Belum Miliki Hand Sanitizer Sendiri

Jumat, 20 Maret 2020 | 19:15 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar tengah berupaya untuk membuat hand sanitizer sendiri. Akan tetapi, pihaknya mengaku masih terkendala dalam soal bahan baku.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinkes Makassar, Naisyah Tun Azikin saat ditemui di Kantor Dinkes Makassar, Jumat (20/03/2020). Sejak ada virus Corona atau COVID-19 ini, ia mengaku jika pihaknya telah berusaha untuk membuat produk pencegah virus tersebut.

Terlebih, saat ini Hand Sanitizer telah diketahui sudah langka dipasaran. Bahkan sudah banyak pihak yang telah berinisiatif untuk membuat produk tersebut. Dinkes sendiri hingga kini masih belum mampu memproduksi.

“Kami sudah kemarin mau mencoba membuat untuk dipake di lingkungan kesehatan, bahannya yang tidak ada, sudah tidak ada,” katanya.



Kendati demikian, pihaknya tidak ingin berlarut dalam keluhan. Naisyah mengaku telah berkerjasama dengan Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk bisa mendapat bahan utama Hand Sanitizer. Utamanya ialah Alkohol 70 persen.

“Kemarin kita dibantu dengan Fakultas Farmasi yang berkerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot), mudah-mudahan mereka bisa mendapat bahan baku, alkohol juga semakin langka,” jelasnya.

Sejatinya bahan berupa Alkohol memang tersedia dalam Dinkes Makanan. Akan tetapi, kata Naisyah, bahan tersebut diperuntukkan untuk disinfectant serta memprioritaskan untuk dibagi ke pelayanan kesehatan.

“Alkohol 70 persen digudang kami, kami hanya prioritas untuk pelayan kesehatan,” ujarnya. (*)


BACA JUGA