Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat ditemui di Hotel Grand Sayang Makassar, Sabtu (21/03/2020)/FOTO/AGUNG EKA/GOSULSEL.COM

305 WNA Peserta Itjima Asia Masih Bertahan di Makassar

Sabtu, 21 Maret 2020 | 21:40 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sebanyak 305 Warga Negara Asing (WNA) rupanya masih menetap untuk sementara di Hotel Grand Sayang Makassar, Sabtu (21/03/2020). Sementara itu, total 107 WNA yang telah dipulangkan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb bersama Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Makassar, Mukhtar Tahir datang langsung memeriksa kondisi para peserta tersebut. Keduanya melihat secara langsung kondisi kesehatan dan juga pola pengamanan di hotel ini.

Ketika ditanya mengenai para peserta yang masih bertahan, Iqbal Suhaeb menjelaskan, telah menyusun rencana kepulangan bagi mereka. Jadwalnya pun telah diatur secara bertahap.

“Sampai hari ini sudah tercatat 107 yang kembali ke negaranya, selebihnya 350 yang masih menunggu jadwal kepulangan. Insha Allah ini bertahap, malam ini dan juga besok sudah ada beberapa lagi yang akan pulang,” katanya.



Lanjut, Iqbal memastikan bahwa mereka saat ini telah diisolasi secara menyeluruh. Para peserta tidak diizinkan untuk bepergian ke luar Hotel.

“Kami pastikan tempat ini di isolasi total, tidak ada yang bisa keluar dan berbaur dengan masyarakat. Apalagi kita lihat, hotel ini dikelilingi sungai. Kecuali mereka ingin ke bandara atau pelabuhan untuk pulang, baru kita beri izin keluar,” tegasnya.

Sementara itu, Perwira Seksi Operasi Kodim 1408 BS, Dewa Putu, yang bertugas mengamankan lokasi tersebut mengatakan ada WNA asing asal Malaysia yang hari ini meninggalkan hotel. Ia menuju kota Parepare dan selanjutnya bakal dipulangkan.

“Mereka melapor akan kembali ke negaranya dengan menggunakan kapal laut,” ujar Dewa. (*)


BACA JUGA