Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Makassar, Abdul Rahman Bando

Disdik Akan Perpanjang Belajar Dari Rumah di Makassar

Minggu, 29 Maret 2020 | 07:38 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar berencana untuk memperpanjang masa belajar siswa di rumah. Mengingat pandemi Corona atau Covid-19 kian menyebar.

Sebelumnya kebijakan untuk siswa TK, SD, SMP ini telah dimulai sejak 16 Maret dan akan berakhir pada 31 Maret nanti. Akan tetapi, Disdik akan memperpanjang masa belajar ini menyusul status Makasar yang kini telah darurat Corona.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Makassar, Abdul Rahman Bando membenarkan hal ini. Menurutnya, jumlah kasus positif Corona yang kian tinggi ini sehingga pertimbangan untuk memperpanjang proses belajar dari rumah. Kebijakan itu akan difinalkan pada 30 Maret 2020 mendatang.

“Kemungkinan besar diperpanjang, tapi kepastiannya nanti hari Senin yang akan datang (30 Maret 2020),” katanya dihubungi. Jumat (27/3/2020). 



Walau ada perpanjangan, kata Rahman, untuk batas waktunya sendiri belum diputuskan. Jangka waktu belajar di rumah ini akan di diketahui setelah dikeluarkannya surat edaran Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb.

“Belum ada putusan durasi waktunya sampai kapan, hari Senin kita akan sampaikan. Ada surat edaran dikeluarkan oleh pak Wali,” paparnya.

Jika mengikuti kalender pendidikan, pada 21 Mei hingga 1 Juni, di tanggal tersebut, para siswa sudah memasuki masa libur Lebaran. Mereka pun akan aktif kembali belajar di sekolah pada 2 Juni 2020. 

Sementara itu, selama ada pembelajaran di rumah, Para Kepala sekolah juga diminta untuk menyiapkan alternatif cara belajar. Ketua MKKS SMP Negeri kota Makassar, Muhammad Nasir mengatakan, Guru wajib secara intens mengawasi siswanya melalui group WhatsApp. Selain itu, mereka dapat mengakses program Sekolah Online yakni Ruangguru secara Gratis. Didalamnya, siswa bisa mengikuti proses pembelajaran jarak jauh secara daring.

“Media sosial dipergunakan untuk sosialisasi guru dan orang tua dan siswa. Diharapkan tryout siswa dapat memanfaatkan ruang guru, aplikasi ini dapat di akses secara gratis. Program belajar ini berlangsung setiap Senin hingga Jumat,” ajaknya. (*)


BACA JUGA