Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bulukumba melaksanakan senam sambil berjemur diri
#

Jaga Kebugaran Narapidana, Ini yang Dilakukan Lapas Bulukumba

Minggu, 29 Maret 2020 | 20:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Begini cara yang dilakukan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bulukumba untuk mencegah masuknya virus Corona di dalam tubuh para narapidana dengan melaksanakan senam sambil berjemur diri selama 20 menit yang diawali dengan peragaan cara mencuci tangan yang baik dan benar, Minggu (29/3/2020).

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 20 menit di lapangan Lapas Kelas IIA Bulukumba itu membuat para petugas dan narapidana nampak antusias demi menjaga kebugarannya.

Ketua Tim Humas Darwis Syam mengatakan senam ini bermanfaat untuk pencegahan, dan penyembuhan sakit lutut, pencegahan osteoporosis, dan pengapuran tulang, serta memelihara kesehatan fisik yang prima, dengan memiliki tubuh yang sehat, penyakit-penyakit pun dipercaya tidak akan mudah menyerang daya tahan tubuh, termasuk virus Corona atau Covid-19.

“Sejak dulu kami rutin seperti ini, apalagi sekarang dengan adanya Covid-19 maka kami tingkatkan jaga kebugaran bersama,” pungkas Darwis Syam.



Di tempat yang sama, Kepala Lapas Kelas IIA Bulukumba, Saripuddin Nakku yang memandu kegiatan tersebut menyampaikan, bahwasanya tidak sulit melakukan gerakan senam, sebab para peserta senam hanya perlu mengayunkan lutut lalu jinjit sambil tangan diangkat lurus dan dihentak seperti mengepret atau menepuk air.

Lanjut Saripuddin mengatakan senam sambil berjemur diri yang tergolong mudah ini juga tidak memerlukan waktu yang lama, yakni hanya memakan waktu selama 20 menit saja dengan cara mengulang-ulang gerakan tari. “Kegiatan ini rutin dilakukan dua kali seminggu,” kata Saripuddin.

Saripuddin Nakku menambahkan, kita tidak perlu terlalu panik dengan Covid-19, jaga kesehatan dengan berolahraga, bersih lingkungan dan cuci tangan yang bersih dan paling penting adalah perbanyak doa dan ibadah, jangan tinggalkan salat lima waktu bagi yang muslim dan yang agama lain silahkan beribadah sesuai kepercayaan dan keyakinan masing masing. “Semoga Allah SWT selalu melindungi dan menjaga kita semua dari segala mara bahaya termasuk Covid-19.”(*)

Reporter Bulukumba: Khaerul Fadli


BACA JUGA