FOTO: Rektor Unhas, Dwia Aries Tina Pulubuhu saat menggelar rapat via daring di Lantai 8 Ruang Rektor Gedung Rektorat Unhas/Senin, 30 Maret 2020/Agung Eka/GOSULSEL.COM

Belajar di Rumah, Unhas Beri Kuota Gratis Bagi Mahasiswa Bidikmisi

Selasa, 31 Maret 2020 | 20:05 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Universitas Hasanuddin (Unhas) memberikan subsidi kuota data internet bagi mahasiswa Bidikmisi. Kebijakan ini diambil karena mahasiswa saat ini diinstruksikan untuk belajar di rumah.

Mengingat kemampuan ekonomi yang bervariasi pada setiap mahasiswa, lantas Unhas pun memberikan kebijakan pendukung. Ialah melalui pemberian subsidi untuk biaya koneksi internet.

Rektor Unhas, Dwia Aries Tina Pulubuhu menjelaskan, langkah tersebut diambil untuk meringankan beban mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan via daring. Pihaknya terus memantau proses pembelajaran daring ini. Selama pemantauan ini, ia menilai mahasiswa terkendala dalam hal keterbatasan ekonomi untuk membiayai koneksi internet mereka.

“Ini kebijakan Unhas untuk membantu mahasiswa Bidikmisi, sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan pulsa untuk koneksi internet selama proses pembelajaran daring,” katanya, Senin (30/03/2020).



Mengenai dananya, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Infrastruktur Unhas (WR II), Sumbangan Baja menyebutkan bahwa pihaknya telah mengalokasikan sejumlah anggaran untuk kebijakan tersebut. Sebanyak 4.366 mahasiswa Bidikmisi akan diberikan subsidi kuota gratis ini.

“Selama masa pembelajaran daring, kita akan mengalokasikan anggaran secara bertahap. Setiap tahap, jumlah subsidi adalah sebesar lima puluh ribu rupiah per mahasiswa Bidikmisi,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR III), Andi Arsunan mengatakan bahwa nantinya mekanisme pemberian subsidi dibuat sederhana. Mahasiswa penerima Bidikmisi tidak perlu datang ke kampus untuk pengurusannya.

“Mekanismenya, dana subsidi akan langsung ditansfer ke rekening setiap mahasiswa penerima Bidikmisi secara bertahap. Silakan mahasiswa Bidikmisi mengecek saja di rekeningnya masing-masing,” tuturnya. (*)


BACA JUGA