Ilustrasi Covid-19

Ini 20 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Covid-19

Kamis, 02 April 2020 | 17:51 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOSULSEL.COM — Semakin merebaknya penyebaran virus Corona atau Covid-19 perlu diwaspadai oleh masyarakat. Untuk itu, masyarakat perlu mengetahui lebih banyak soal virus Corona tersebut.

Muhammad Raif Riskullah,S.Ked, seorang dokter muda yang stase di Bagian IKM-IKK FK UMI, di bawah bimbingan dr.Rachmat Faisal Syamsu, M.Kes, Dosen Bag.IKM-IKK FK UMI, merangkum beberapa hal yang perlu dipahami mengenai Covid-19.

1. Apakah pandemi Covid-19 akan hilang pada musim panas?

TIDAK



Dari bukti sejauh ini, Covid-19 dapat ditularkan di semua area, termasuk daerah dengan cuaca panas dan lembab. Apa pun iklimnya, lakukan tindakan perlindungan jika anda tinggal atau bepergian kearea yang melaporkan Covid-19. Tidak ada alasan untuk percaya bahwa cuaca panas maupun dingin dapat membunuh Covid-19 atau penyakit lainnya. Suhu tubuh manusia normal tetap sekitar 36,5°C hingga 37,5°C, terlepas dari suhu eksternal atau cuaca.

2. Apakah virus Covid-19 dapat mati pada suhu panas (sinar matahari)?

YA

Pengetahuan tentang karakteristik fisik dan kimia dari Covid-19 didapat dari studi sebelumnya tentang SARS-CoV and MERS-CoV. Virus Corona sensitif terhadap sinar ultraviolet dan panas, dan secara efektif dapat diinaktifkan oleh disinfektan mengandung klorin, pelarut lipid dengan suhu 56°C selama 30 menit, dan alkohol. tapi virus yang sudah masuk dalam tubuh tidak sensitif lagi terhadap cahaya matahari ya… Sebaiknya berjemur di bawah sinar matahari sekitar pukul jam 7-10 pagi selama 15-30 menit agar tidak memberikan dampak buruk terhadap paparan sinar UV terlalu lama.

3. Apakah mandi air panas bisa mencegah tertular Covid-19?

TIDAK

Mandi air panas tidak akan mencegah Anda terhadap Covid-19. Suhu tubuh normal Anda tetap di sekitar 36,5°C hingga 37,5°C,terlepas dari suhu mandi air panas. Sebenarnya, mandi air panas dengan air yang sangat panas bisa berbahaya, karena bisa membakar Anda. Sebaiknya Anda mandi seperti biasa dengan menggunakan sabun dan air saat setelah bepergian dari luar rumah.

4. Apakah Covid-19 ini bisa menular melalui nyamuk?

TIDAK

Sampai saat ini belum ada penelitian tentang apakah Covid-19 dapat menular melalui nyamuk. Coronavirus disebut dengan virus zoonotik yaitu virus yang ditransmisikan dari hewan ke manusia. Banyak hewan liar yang dapat membawa patogen dan bertindak sebagai vektor untuk penyakit menular tertentu, seperti kelelawar, tikus bambu, unta, dan musang merupakan host yang biasa ditemukan untuk Coronavirus.

5. Apakah dengan hand dryers (pengering tangan) dapat membunuh Covid-19?

TIDAK

Pengering tangan tidak efektif dalam membunuh Covid-19. Untuk melindungi diri, Anda harus sering membersihkan tangan dengan alkohol atau mencucinya dengan sabun dan air mengalir. Setelah tangan Anda dibersihkan, Anda harus mengeringkannya dengan menggunakan handuk kertas atau pengering udara hangat.

6. Apakah Thermal Scanner (pengukur suhu tubuh) bisa deteksi Covid-19?

TIDAK

Pemindai thermal scanner hanya merupakan alat pendeteksi suhu tubuh yang cukup efektif, tapi bukan untuk deteksi Covid-19. Sampai saat ini konfirmasi deteksi Covid-19 hanya berdasarkan hasil pemeriksaan spesimen dengan swab tenggorokan dan pemeriksaan darah di laboratorium Rumah Sakit.

7. Apakah menyemprotkan alkohol spray ke seluruh tubuh dapat membunuh Covid-19?

TIDAK

Menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh Anda tidak akan membunuh virus yang telah memasuki tubuh Anda. Menyemprotkan zat-zat semacam itu bisa berbahaya bagi pakaian atau selaput lendir (yaitu mata, mulut). Ketahuilah bahwa alkohol dan klorin dapat berguna untuk mendisinfeksi permukaan, tetapi perlu digunakan di bawah rekomendasi yang tepat.

8. Apakah pemberian vaksin flu dan pneumonia dapat mencegah terinfeksi oleh Covid-19?

TIDAK

Vaksin terhadap pneumonia, seperti vaksin pneumokokus danvaksin Haemophilus influenza tipe B (Hib), tidak memberikan perlindungan terhadap Covid-19. Virus ini sangat baru dan berbeda sehingga membutuhkan vaksin sendiri. Para peneliti sedang mencoba mengembangkan vaksin melawan Covid-19, dan WHO mendukung upaya mereka. Meskipun vaksin ini tidak efektif terhadap Covid-19, vaksinasi terhadap penyakit pernapasan sangat dianjurkan untuk melindungi kesehatan Anda.

9. Apakah sering membersihkan hidung dengan cairan pembersih dapat mencegah terkena Covid-19?

TIDAK

Tidak ada bukti bahwa mencuci hidung dengan cairan pembersih hidung secara teratur telah melindungi orang dari infeksi Covid-19. Ada beberapa bukti terbatas bahwa mencuci hidung secara teratur dapat membantu orang pulih lebih cepat dari flu biasa. Namun, membilas hidung secara teratur belum terbukti mencegah infeksi pernapasan terutama Covid-19.

Halaman: