Ilustrasi Virus Corona

Lokasi Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di Sulsel Dipindah ke Samata

Kamis, 02 April 2020 | 13:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Selatan (Sulsel) memindahkan lokasi pemakaman jenazah pasien Corona. Dari sebelumnya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sudiang bakal dipindahkan ke Samata, Kabupaten Gowa.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Sulsel, Mujiono saat konferensi pers via daring, Rabu (2/4/2020). Pihaknya pun telah mengkoordinasikan mengenai pemindahan lokasi ini ke Polri dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Jadi pemakaman untuk jenazah bukan lagi di sudiang atau di Antang, Kita sudah tempatkan di daerah Samata Gowa, kami sudah kordinasi pihak TNI-Polri,” katanya.

Lanjut, Mujiono mengatakan, bahwa pemindahan lokasi jenazah ini dilakukan lantaran adanya kasus penolakan pemamakan pasien Corona oleh banyak masyarakat terkhusus di Makassar dan Gowa. Olehnya itu, pihaknya memtuskan untuk memilih tempat baru yang diharapkan tidak ada konflik nantinya.



“Kami dapat perintah dari bapak Gubernur, pastinya lokasi itu milik Pemprov dan dari sisi apa saja itu disana aman dan sehat. Mudah-mudahan kedepan kita sinergi untuk melaksanakan tugas yang diemban,” ujarnya.

Mengenai pengamanan, ia mengaku, jika telah ada penjagaan yang ketat di lokasi pemakaman baru tersebut. Pihak TNI yang dikomandoi langsung Asisten Logistik Kasdam XIV/Hasanuddin,Galih Suhendro sudah menyiapkan penjagaan berlapis.

“Lahan itu sudah cukup luas, kurang lebih 1,4 hektare dan disitu kita sudah siapkan ada satu lokasi untuk pemakaman kaum Nasrani dan satu lokasi lagi untuk kaum Muslim,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA