Ketua DPC PKB Bulukumba, Fahidin HDK
#

Dewan Fahidin Ajak Warga Bijaksana Terima Pemudik Dikarantina

Sabtu, 04 April 2020 | 18:40 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Khaerul Fadli - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bulukumba, Fahidin Hdk mengajak warga Bulukumba, khususnya yang bermukim di sekitar Desa Paenre Lompoa untuk bijaksana menerima pemudik dikarantina di daerah tersebut.

Dimana sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba merencanakan UPT PPSBK Dirannuang yang berlokasi di Jalan Abdul Asiz, Desa Paenre Lompoa, Kecamatan Gantarang sebagai tempat karantina.

Fahidin mengatakan, masyarakat hanya butuh edukasi agar lebih paham perihal pemudik yang akan dikarantina di UPT PPSBK. Dikatakan Fahidin bahwa yang akan dikarantina adalah pemudik yang ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) oleh Satgas Penanganan Covid-19.

“ODP itu bukan berarti positif Covid-19, dia hanyalah orang yang dikategorikan untuk dipantau demi memutus rantai penyebaran Virus Corona ini. Jadi mari kita sama-sama dengan bijaksana menerima saudara kita yang akan dikarantina, termasuk sama-sama mengedukasi masyarakat kita untuk paham ini,” kata Fahidin, Sabtu (4/4/2020).



Ketua Fraksi PKB ini melanjutkan, bahwa dilokasi karantina pasti akan disiagakan petugas Satgas Covid-19. Sehingga ada jaminan bahwa warga dikarantina berlangsung sesuai protap.

Dia menjelaskan, langkah ini juga akan mengurangi beban warga yang ditetapkan sebagai ODP. Hal itu, lanjut dia, lantaran pemerintah akan menyiapkan kebutuhan sehari-hari, termasuk makanan bagi peserta karantina.

“Daripada kita pulangkan ke rumah untuk diisolasi mandiri, jauh lebih baik jika dikarantina. Sehingga ada petugas Satgas yang tiap saat mengawasi peserta karantina, begitu juga dengan kebutuhan sehari-hari tidak perlu lagi mereka pikir, pemerintah hadir di situ,” ungkpanya.

Masih lanjut Fahidin, dengan cara seperti ini upaya memutus rantai penyabaran Covid-19 bisa efektif. Sebab bisa dimonitoring agar ODP bisa melakukan isolasi dengan baik.

“Ayolah, kita sama-sama menerima ini dengan bijaksana. Hal yang harus kita sepakati, bahwa kita tidak ingin moralitas kita terdegradasi di tengah bencana wabah Covid-19. Mereka juga manusia sama dengan kita, Virus Corona ini bukanlah aib. Apalagi yang akan dikarantina sebatas ODP,” tandasnya.(*)


BACA JUGA