Dekan Fakultas Keperawatan Unhas, Aryanti Saleh

Jadi Relawan Covid-19, Mahasiswa Keperawatan Unhas Dapat Bonus SKS

Sabtu, 04 April 2020 | 21:33 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin (Unhas) turut berperan dalam melawan pandemi Corona atau Covid-19. Relawan yang berasal dari mahasiswa pun diterjunkan dalam penanganan pandemi ini.

Para mahasiswa yang menjadi relawan tersebut rupanya mendapat perhatian khusus dari pihak birokrasi. Sebagai bentuk apresiasi, relawan ini mendapat bonus Satuan Kredit Semester (SKS).

pt-vale-indonesia

Dekan Fakultas Keperawatan, Ariyanti Saleh mengatakan, ini merupakan bentuk apresiasi dan kontribusi pihaknya dalam melawan Covid-19. Kebijakan mengkonversi aktivitas relawan sebagai mata kuliah yang mempunyai bobot SKS pun diambil. Sehingga, para mahasiswa bisa bekerja dengan baik sebagai relawan.

“Hal ini didorong oleh dua pertimbangan, yaitu situasi sosial kemasyarakatan yang sedang dilanda wabah Covid-19 pada satu sisi, dan himbauan untuk belajar daring di sisi lain,” kata Aryanti, Sabtu (04/04/2020).

Saat ini, terdapat 92 mahasiswa yang sedang mengambil program profesi Ners. Dimana terdiri dari 52 mahasiswa Stase Keperawatan Komunitas, Keluarga, dan Gerontik, dan 40 mahasiswa yang akan masuk Stase Keperawatan Kesehatan Jiwa.

“Setelah berdiskusi dengan Ketua Program Studi dan Pengampu Keilmuan terkait kesesuaian capaian pembalajaran atau learning outcome (LO), kami memutuskan bahwa mahasiswa dapat tetap belajar dari rumah dan sekaligus menjadi relawan Covid-19,” tambahnya.

Anggota Satgas Covid-19 Sulsel ini juga mengatakan bahwa mahasiswa yang menjadi relawan bertugas memantau, mendampingi dan mengedukasi para pasien Corona. Baik itu Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) di Sulsel.

“Khusus yang berada dalam Stase Keperawatan Kesehatan Jiwa maka mahasiswa akan tergabung dalam Tim Relawan Pendampingan Biopsikososial Spiritual. Keikutsertaan ini juga akan dikonversi kedalam nilai program profesi,” katanya.

Ia pun berharap agar para mahasiswa bisa sigap dalam menjalankan tugasnya. Mereka juga diharapkan mampu mengasah kemampuan mereka dan selalu melayani masyarakat dengan baik.

“Kami sangat mengapresiasi kesediaan mahasiswa untuk ikut dalam kegiatan tim relawan. Dengan terlibat disini, diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang juga mengasah soft skill mereka untuk senantiasa berperilaku peduli dan sigap dalam melayani masyarakat,” tutupnya. (*)


BACA JUGA