Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb bersama tim Gugus Tugas. Covid-19 saat berfoto bersama di Balai Mutiara beberapa waktu yang lalu

Semprot Disinfektan Massal, Upaya Lanjutan Pemkot Makassar Berantas Corona

Minggu, 05 April 2020 | 16:51 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebagai salah satu kota dengan jumlah kasus positif Corona atau Covid-19 di Sulsel, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus berupaya dalam pencegahan penyebaran virus ini. Adapun langkah yang diambil selanjutnya ialah penyemprotan disinfektan secara massal.

Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat ditemui di Balai Mutiara, Kamis (2/4/2020). Kata dia, ini merupakan langkah taktis yang bisa diambil oleh pihaknya dengan melihat penyebaran Corona yang tak kunjung berhenti. Ia pun mengaku telah mendapat bantuan dari berbagai pihak untuk turut serta dalam penyemprotan tersebut.

“Bersama-sama seluruh elemen masyarakat untuk turun di seluruh wilayah di Kota Makassar melakukan penyemprotan secara massal di waktu bersamaan. Ini adalah gerakan solidaritas memutus mata rantai penyebaran virus berbahaya ini,” katanya.

Untuk sasaran penyemprotan disinfektan ini, pihaknya memilih tempat yang memang rawan terhadap penyebaran Corona. Seperti pemukiman warga, lorong-lorong, sekolah, posyandu serta fasilitas lain yang ada di kawasan pemukiman penduduk.



“Sekali lagi imbauan untuk tetap di rumah dan menjaga jarak sosial tetap menjadi strategi inti. Beberapa hari ini, tim Damkar bersama sejumlah elemen lain sangat aktif melakukan penyisiran di ruang-ruang publik, perkantoran, jalan-jalan utama untuk melakukan penyemprotan disinfektan, dan ini masih terus dimasifkan,” jelasnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Muhammad Rusli juga menjelaskan bahwa kegiatan ini sebelumnya telah dipersiapkan dengan baik. Untuk penyemprotan disinfektan secara massal ini, sebanyak 1.000 alat penyemprot, 20.000 liter disinfektan pun telah dipersiapkan, termasuk relawan yang akan turun menyemprot.

“Banyak pihak yang telah ikut membantu, diantaranya Yayasan Kalla yang sejak awal memberikan kepedulian terhadap pengendalian penyebaran wabah ini, Bank Mandiri, Ikatan Dokter Hewan Indonesia, Lembaga Penanggulangan Bencana Indonesia, Nahdlatul Ulama, KIMA, Apindo, dan sejumlah elemen lainnya. Untuk aksi solidaritas bersama ini, kami mengajak seluruh elemen masyarakat, siapapun itu, untuk turun bersama, menyebar di seluruh kelurahan. Insya Allah mudah-mudahan ini bisa mengerem dan memotong pergerakan virus ini.” tuturnya.(*)


BACA JUGA