Anggota Komisi D Bidang Kesra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar, Al Hidayat Syamsu

Sebut Mutu Pendidikan di Makassar Rendah, Legislator Minta Disdik Tingkatkan SDM Guru

Senin, 13 April 2020 | 17:20 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Wacana mengenai peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para guru oleh Mendikbud, Nadiem Makarim juga ditanggapi legislator. Ialah Anggota Komisi D Bidang Kesra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar, Al Hidayat Syamsu.

Ia menyebut jika peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para guru mesti ditingkatkan terutama bagi honorer. Pasalnya, mutu pendidikan saat ini dianggap masih rendah. Sehingga, adanya wacana tersebut justru menjadi kesempatan yang sangat baik bagi Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar.

“Di Kota Makassar itu sangat dibutuhkan, mutu pendidikan turun. Karena kualitas dan pengetahuan, pelatihannya sangat minim yang ada guru-guru di Kota Makassar, perlu diperbanyak berdasarkan rekomendasi Pak Nadiem,” ucapnya, Senin (13/04/2020).

Perihal penerapan, ini dipastikan masih akan berbenturan degan permasalahan saat ini, dimana Makassar sedang terjadi pandemi Corona atau Covid-19. Sehingga, kemungkinan paling tepat penerapan perdana tersebut akan dilakukan secara daring.



Pekan lalu, Mendikbud, Nadiem Makarin sempat membeberkan upaya peningkatan kapasitas guru dalam hal praktikum. Hal itu nantinya akan dilebur ke dalam PPG yang diketahui berlangsung selama setahun bagi para calon guru.

Kata Nadiem, mereka benar-benar akan ditelisik sejauh mana keseriusannya untuk menjadi guru. Kriteria guru harus memiliki kemampuan ganda, tidak hanya pada pengetahuan namun kemampuannya dalam mengajar.

“Selama ini kemampuan guru hanya dinilai dari kompetensinya, mestinya dilihat bagaimana dia mengajar, berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa,” katanya. (*)


BACA JUGA