KM Lambelu telah bersandar di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Selasa (14/04/2020).

26 Awak Positif Corona, Ini Alasan OP Sandarkan KM Lambelu di Pelabuhan Makassar

Selasa, 14 April 2020 | 12:51 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kapal Motor (KM) Lambelu milik PT. Pelni kini bersandar di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Selasa (14/04/2020). Padahal diketahui ada 26 awak kapal yang positif Corona atau Covid-19.

Pihak Otoritas Pelabuhan (OP) pun membeberkan alasan KM Lambelu yang harus bersandar di Pelabuhan. Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Laut (Lala) OP, Makassar, Sirajuddin menjelaskan, bahwa disandarkannya kapal tersebut merupakan hasil keputusan bersama pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Adapun maksud dari kedatangan KM Lambelu di Pelabuhan Makassar ialah untuk melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap awal kapal lain oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Dinas Kesehatan (Dinkes). Selain itu, KM Lambelu juga akan mengisi ulang bahan bakar dan menambah logistik bahan pokok.

“Setelah dilakukan rapat bersama, Ketua Gugus Covid, OP Mks, KSU Mks, Pomdam XIV Hnd, Dinas kesehatan Provinsi dan Kota, KKP, Polres untuk pengisian BBM, air tawar dan suplai logistik serta lebih penting lagi KKP dan Dinkes akan melakukan pemeriksaan lanjutan,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (14/04/2020).



Ia juga mengatakan jika KM Lambelu telah sandar di Pelabuhan sekitar pukul 05.00 WITA Subuh. Pihaknya pun memastikan awal kapal yang ada di KM Lambelu tidak akan masuk ke Pelabuhan. Sehingga, ini juga mengantisipasi penyebaran virus yang berasal dari luar kota Makassar.

“Saat ini sudah ada posko pengawasan didepan kapal untuk memastikan tidak ada awak kapal yg turun ke darat, terdiri dari OP, KSU, Polres , Koramil, Dishub dan Security,” jelasnya.

Sebelumnya, sebanyak 26 dari 42 orang dinyatakan positif Corona usai dilakukan pemeriksaan swab atau spesimen oleh Tim Medis Gugus Tugas Covid-19 Sulsel. Sementara itu, ada 16 orang yang menunjukkan hasil negatif.

Hal itu pun disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, Ichsan Mustari, Minggu (12/4/2020) kemarin.
Kendati ditemukan awak yang berstatus positif dan negatif corona, para awak yang berjumlah 141 tetap diisolasi diatas kapal yang berlabuh dekat pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar.

Mengingat KM Lambelu telah bersandar di Pelabuhan, Kepala Dinkes Makassar, Naisyah Tun Azikin mengaku jika pihaknya memang akan melanjutkan pemeriksaan. Namun, ia memastikan pemeriksaan akan dilakukan diatas kapal dan tidak ada awak kapal maupun penumpang yang turun.

“Rencana pemeriksaan memang betul hari Senin tapi karena kapalnya ditunda sehingga pemeriksaan dilakukan hari ini sesuai rencana awal dan dilakukan diatas kapal. Tidak ada yang boleh turun ke darat, karena kapal masuk dalam zona Karantina,” katanya, Selasa (14/04/2020). (*)


BACA JUGA